by

Viral Mirip Taj Mahal, Masjid Salman Al Farisi ramai dikunjungi Wisatawan

Malang , yukpigi.com  – Berlokasi di Jalan Raya Karang Ampel, Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, ternyata ada Masjid yang mirip sekali dengan  situs warisan dunia yang berada di negara India, Taj Mahal.

Arsitektur yang menggabungkan bentuk kubah dan menara serta warnanya yang putih membuat bentuk bangunan masjid itu mirip dengan bagunan situs warisan dunia yang ada di India itu.“Sepintas orang melihat masjid ini seperti Taj Mahal, kemudian viral dengan nama Masjid Taj Mahal meskipun nama sebenarnya adalah Masjid Salman Al-Farisi,” kata Deden Ferry (34), pengurus takmir di masjid beebrap waktu lalu

Menurut Deden, sejak viral dengan nama Masjid Taj Mahal, masyarakat dan wisatawan akhirnya banyak yang penasaran dan kemudian datang untuk beribadah maupun sekadar berswafoto.Jadi cukup banyak pengunjung yang datang untuk foto-foto atau pun untuk sekadar mencari suasana yang baru dan segar.

“Hanya saja kami tekankan kepada para pengunjung apabila hendak berfoto dimohon mengenakan busana muslimah dan harus menutup aurat. Kalau mereka berfoto tanpa menggunakan pakaian muslimah, mohon maaf akan kami cegah dulu untuk berfoto,” tambahnya

Lebih lanjut Deden menceritakan, Masjid Salman Al-Farisi dibangun tahun 2012 dengan luas 1.600 meter persegi dan berkapasitas 400-500 jamaah. Menurutnya, sejak selesai proses pembangunannya di pertengahan tahun 2017, masjid yang dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektar tersebut sudah banyak orang yang menyebut mirip dengan Taj Mahal.

“Dulu itu memang ada tim pembangunan sendiri yang bertugas untuk mendesain dan mengkonstruksi masjid ini. Tapi kami juga tidak tahu persis filosofi ataupun desain yang mereka rencanakan. Kami hanya bertugas mengelola dan memakmurkan masjid,” ungkapnya.

Menurut Deden, di bulan Ramadan seperti saat ini, Masjid Salman Al-Farisi menjadi lebih ramai dari hari biasa karena terdapat kegiatan pengajian dan juga berbuka bersama.

Sementara itu, Deden menyebutkan di area kompleks Masjid Salman tersebut  juga akan dibangun sebuah pondok pesantren.“Karena ada rencana mendirikan pondok pesantren, untuk itu kami mencari lokasi yang suasananya kondusif untuk tempat belajar para santri, maka kita cari tempat yang agak jauh dari keramaian,” terangnya.

Dirinya pun berharap dengan adanya Masjid Salman Al-Farisi masyarakat bisa bersama-sama memakmurkan masjid, mencintai masjid dan bisa lebih meningkatkan ibadah. (bs/wan)

Comment

News Feed