by

Tips Pilih Kursi di Kereta Saat Mudik

Jakarta – Libur cuti bersama Lebaran biasanya diisi dengan mudik ke kampung halaman. Libur ini berlangsung beberapa hari sebelum, selama, dan setelah Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Berbagai moda transportasi bisa dipilih untuk mudik. Mulai dari kereta, pesawat, bus, sampai kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Bagi Anda yang mengisi cuti bersama Lebaran dengan agenda mudik naik kereta api, perlu selektif memilih kursi atau tempat duduk di dalam gerbong.

Posisi tempat duduk di kereta turut menentukan kenyamanan selama perjalanan. Untuk diketahui, masih ada gerbong kereta yang tempat duduknya saling berhadapan sehingga ada penumpang yang duduk membelakangi arah laju kereta. Mungkin ada yang tak nyaman dengan posisi seperti ini.

Sebab itu, penting untuk mengetahui dan menentukan posisi tempat duduk yang tepat. Mengutip layanan perjalanan online Pegipegi, berikut 5 tips memilih tempat duduk di kereta, seperti dikutip dari Tempo Travel, Senin (13/5/19):

1. Searah laju kereta
Bila hendak naik kereta ekonomi atau bisnis, lebih baik memilih posisi yang menghadap searah laju kereta. Selain lebih nyaman karena dapat menikmati pemandangan, pilihan tempat duduk ini setidaknya tidak membuat mual selama perjalanan. Karena itu, pesanlah tiket sejak jauh hari agar leluasa memilih tempat duduk.

2. Perhatikan posisi AC
Kereta kelas ekonomi maupun bisnis semakin nyaman karena dilengkapi penyejuk udara atau air conditioner (AC). Namun untuk alasan kesehatan, pilihlah posisi duduk yang membelakangi penyejuk udara atau kenakan jaket agar tak kedinginan selama dalam perjalanan.

3. Dekat jendela
Dari beberapa alasan orang ingin naik kereta saat mudik adalah berlama-lama melihat pemandangan. Posisi duduk di sebelah jendela lebih nyaman untuk mengamati pemandangan saat melintasi berbagai daerah.

4. Dekat ruang restorasi
Nomor gerbong juga bisa menentukan kenyamanan perjalanan. Bila tidak memungkinkan membawa perbekalan, perlu duduk dekat ruang restorasi, tempat para petugas menawarkan makanan dan minuman. Umumnya restorasi berada di gerbong nomor lima atau enam.

5. Pintu keluar stasiun
Pemilihan gerbong juga bermanfaat untuk menentukan posisi turun saat tiba di stasiun tujuan. Umumnya setiap stasiun memiliki pintu keluar yang berada di tengah. Sebab itu, pilih gerbong dengan nomor urut tengah untuk memudahkan perjalanan menuju pintu keluar, terlebih jika membawa banyak barang.

(tc)

Comment

News Feed