by

Terkena Aksi Teror Saat Traveling, Lakukan Empat Hal Ini

-berita-1,151 views

Surabaya – Rentetan ledakan bom memgguncang Surabaya pada Minggu (13/5/2018) pagi dan berlanjut pada Senin (14/5/2018) pagi. Dari sejumlah peristiwa itu, belasan orang diketahui meninggal dunia dan lainnya mengalami luka-luka.

Hal ini tentunya menimbulkan ketakutan bagi masyarakat. Bahkan sejumlah negara seperti Inggris, Singapura, Amerika Serikat hingga Australia telah mengeluarkan travel advice atau imbauan berpergian bagi warga negaranya yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Lalu agaimana jika Anda tengah berwisata di daerah yang sedang terjadi ancaman teroris? Berikut empat hal yang harus dilakukan, seperti dilansir dari laman Viva:

1. Atur Rencana

Wisatawan harus memiliki rencana cadangan sebelum mereka meninggalkan rumah. Beritahu jadwal perjalanan Anda kepada keluarga atau rekan kerja sehingga mereka dapat melacak Anda ketika ada kabar buruk di daerah tujuan wisata Anda. Tetap terhubung dengan sesama wisatawan atau Kedutaan Besar Negara Anda agar lebih mudah berkomunikasi jika tersesat atau terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

2. Cari Tempat Aman

Di tengah kebingungan selama atau setelah serangan, sebaiknya wisatawan kembali ke hotel dengan menggunakan taksi atau transportasi online untuk menghindari kekacauan. Hindari menggunakan angkutan umum atau bertahan di tempat kejadian.

Tetap aman di hotel sampai semuanya terkendali. Selain menawarkan tempat bernaung, dan kemungkinan besar makanan dan koneksi internet, hotel-hotel menawarkan wisatawan yang sedang panik dengan pelayanan yang menenangkan. Staf hotel biasanya berusaha melayani dengan baik untuk membantu tamu memahami situasi yang terjadi di negara atau wilayah mereka.

3. Pantau Berita

Ikuti terus berita terbaru melalui media dan keterangan dari otoritas setempat. Wisatawan juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari informasi tambahan mengenai situasi dan kejadian.

Jika Anda tidak dapat menemukan informasi lokal dalam bahasa Anda, Anda bisa menghubungi atau memantau situs kedutaan negara Anda. Biasanya, mereka mengumpulkan informasi dari media lokal.

4. Tetap Sabar

Bersiaplah untuk tetap tinggal sementara. Otoritas lokal mungkin akan membutuhkan waktu untuk menyelesaikan kondisi di lapangan. Tetaplah berpegang pada rekomendasi mereka tentang kapan dan bagaimana Anda bisa pergi dengan aman.

Bersabarlah saat menjadwalkan ulang rencana perjalanan dan maskapai penerbangan mungkin akan sibuk. Anda lebih baik pergi ke kota besar terdekat untuk naik pesawat dari bandara lain atau menunda keberangkatan Anda.

Comment

News Feed