by

Table Top, Asita Jatim dan Disbudparta Belitung Timur Promosikan Wisata Lintas daerah

 

Surabaya,yukpigi.com – Bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disbudparta) Belitung Timur, Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jatim menggelar table top promosi wisata lintas provinsi
Acara Table Top 2019 di Hotel Mercure Surabaya, Selasa (26/3/2019)ini juga dihadiri bidang pemasaran Disparta Jatim. Kerjasama keduanya diharapakan jadi upaya mensosialisasikan dan mempromosikan destinasi-destinasi wisata, seni dan budaya di Belitung Timur maupun Jawa Timur.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi menilai, Jawa Timur dan Kabupaten Belitung Timur memiliki kesamaan dibidang pariwisata. Jawa Timur memiliki sejumlah destinasi wisata menarik baik atraksi dan seni budaya, sedang Belitung Timur juga memiliki khasanah yang serupa.
“Makanya kita mengajak pelaku industri wisata di Jawa Timur ini untuk sama-sama menjualkan paket-paket tour dan travel. Supaya kunjungan wisata di Jawa Timur dan belitung meningkat,” katanya disela-sela Table Top dengan ratusan agen wisata di Mercure Surabaya
Peningkatan kunjungan wisatawan di Belitung Timur, menurut Evi mengaku cukup mengalami peningkatan beberapa kali lipat. “Cukup meningkat hampir 90 persen untuk wisatawan nusantara dan beberapa kali lipat peningkatan wisatawan mancanegara,” ujarnya.
Peningkatan tersebut, dilanjutkannya, didukung dengan akses bandara di Belitung yang turut membuka penerbangan ke luar negeri seperti Singapura.
“Bandara Belitung sudah ada flight dari Tanjung Pandang ke Singapura, sudah ada empat kali seminggu. Kami juga membuat langkah promosi pameran wisata ke luar negeri dalam rangka meningkatkan wisatawan mancanegara,” katanya.
Dari peningkatan jumlah wisatawan mancanegara, Evi mengatakan didominasi dari Tiongkok sebanyak 60 persen dengan tujuan rata-rata wisata alam.
Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Jatim, Susariningsih berharap, bukan hanya masyarakat Jawa Timur yang wisata ke Belintung Timur, namun nantinya ada wisatawan dari Belitung Timur yang mengunjungi Jawa Timur. “Inikan mulai membangun network,” tegasnya.
Mengingat Jawa Timur sendiri mendapakan target dari kementrian pariwisata yakni 1 juta wisatawan di tahun 2019. Table Top meeting ini merupakan upaya untuk meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara.
Sementara Ketua DPD Asita Jatim Arifudinsyah, menyambut baik sinergi kedua dinas pariwisata itu. Tentunya sebagai pelaku industri pariwisata swasta, Asita perlu memahami secara mendalam mengenai wisata di Kabupaten Belitung Timur sebelum menawarkan destinasi pada calon wisatawan. Arifudinsyah menambahkan Table Top 2019 ini sebagai peluang promosi wisata melalui penawaran tour and travel. (tri/sin)

Comment

News Feed