by

Siswa SMP di Surabaya Sukses Olah Kulit Kopi jadi Minuman Berkhasiat

Surabaya – Selama ini biasanya kulit buah kopi dibuang begitu saja. Padahal kalau diolah dan dimanfaatkan bisa memiliki daya jual yang tinggi. Ini pula yang dilakukan Jason Surya Tamin, siswa kelas VII SMP Xinzhong Surabaya.

Ide mengolah kulit buah kopi bermula saat Jason diajak sang kakak ke perkebunan kopi di Kota Malang. Disana Jason melihat berkarung-karung kulit buah kopi yang akan dibuang.

“Pas nyampe rumah jadi kepikiran dengan kulit kopi itu. Kan sayang kalau dibuang karena jumlahnya sangat banyak,” ujar Jason.

Bungsu dari dua bersaudara itu lantas searching di internet tentang kulit yang sudah dipisahkan dari biji kopi itu. Ternyata di luar negeri kulit kopi yang diberi nama Cascara itu dijadikan teh yang punya cita rasa tinggi, dengan cara diseduh seperti membuat teh pada umumnya.

Selain memiliki cita rasa tinggi, Cascara ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya mencegah penuaan dini, mencegah penyakit jantung, hingga mencegah penyakit kanker.

Jason pun termotivasi untuk berjualan Cascara. Pada bulan Juli 2019 siswa kelahiran 23 Maret 2007 ini mulai berjualan Cascara dalam kemasan.

“Saya jual dalam kemasan 100 gram dengan harga 15 ribu rupiah. Saya jual online dan offline, kalau offline nitip di kafe kakak,” tukasnya.

Saat ada ajang pemilihan Pelajar Pelopor 2019 jenjang SMP di bulan September, tanpa pikir panjang Jason mengikutinya. Apalagi sang kakak, Wilson Tirta, juga pernah menjadi Pelajar Pelopor bidang kewirausahaan.

Jason mengikuti ajang Pelajar Pelopor 2019 dengan mengusung inovasi Cascara miliknya. Dari 180 peserta siswa SMP se Surabaya akhirnya Jason mampu meraih juara di bidang kewirausahaan.

Atas prestasinya tersebut, Jason kian termotivasi untuk berwirausaha. Kini bersama saudara sepupunya, Jason tengah menyiapkan sebuah toko kue di kawasan Jalan Menur.

“Di toko kue itu nanti saya mau bikin es kopi susu hasil racikan saya,” ujar Jason seraya tersipu.

Meski terbilang masih usia belia namun Jason tak mau setengah-setengah menekuni bisnis. Melihat kiprah sang kakak yang sukses berbisnis di usia muda, menjadi motivasi tersendiri bagi Jason. Apalagi keluarga memberikan dukungan penuh atas pilihan Jason untuk berbisnis.

“Keluarga berpesan agar saya menekuni apa yang jadi passion saya. Nah saya pengen buka usaha kuliner atau minuman gitu,” tukasnya.

Selain berguru pada sang kakak, Jason juga rutin mengikuti seminar tentang kewirausahaan untuk menambah pengetahuannya. (rur)

Comment

News Feed