by

Selain Ijen dan Baluran, ini 9 Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Banyuwangi tak sekedar Kawah Ijen dan Baluran. Ada banyak surga tersembunyi di Banyuwangi yang juga wajib kamu kunjungi. Bahkan Kemudahan akses dan pengadaan fasilitas penunjang dari pemerintah setempat dan pengelola wisata pun makin memudahkan para traveler yang hendak liburan ke Banyuwangi.
Nah, buat kamu yang belum pernah ke Banyuwangi, rugi banget kalau ke ujung timur pulau jawa ini hanya ke Ijen dan Baluran saja. Coba kunjungi 9 pilihan surga tersembunyi di Banyuwangi ini yang bisa jadi destinasi tambahanmu saat ke Banyuwangi


1. Pantai Plengkung
Tahukah kamu bahwa Pantai Plengkung merupakan salah satu dari 7 lokasi surfing terbaik di dunia? Hal ini mungkin jarang diketahui oleh para wisatawan lokal, namun bagi para peselancar internasional, pantai ini adalah suraga tersembunyi!
Tinggi ombak di Pantai plengkung bisa mencai 8 meter dengan panjang mencapai 2 km loh! Bisa kamu bayangkan, betapa tempat ini menjadi favorit bagi para pemburu adrenalin, apalagi pantai ini masih dikelilingi oleh hutan lebat yang menambah eksotisme tempat ini. Pantai Plengkung berlokasi di Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur.


2. Pantai Pulau Merah
Tempat wisata di Banyuwangi selanjutnya yang bak surga tersembunyi adalah Pantai Pulau Merah. Rugi sekali rasanya, kalau kamu berkunjung ke Banyuwangi namun melewatkan hamparan pasir putih yang lembut di pantai ini.
Di pantai ini terdapat bukit hijau dengan tanah berwarna merah, makanya disebut sebagai Pantai Pulau Merah. Buat kamu yang ingin belajar berselancar, lokasi ini juga cocok dijadikan pilihan. Pantai Pulau Merah berlokasi di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


3. Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri merupakan kawasan heterogen seluas 58.000 hektare dan terletak pada ketinggian 900 – 1.223 mdpl. Konon, kawasan ini merupakan kawasan habitat alami terakhir harimau jawa. Selain hutan, kamu juga bisa menikmati indahnya Pantai Rajag Wesi dan Pantai Sukamade yang merupakan tempat penangkaran penyu.
Di kawasan hutannya, terdapat banyak hewan liar yang masuk dalam kawasan cagar alam ini, antara lain kera, kucing hutan, rusa, macan tutul, sampai merak. Taman Nasional Meru Betiri berlokasi di Jalan Sriwijaya no. 53, Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi, Jawa Timur.


4. Kalibaru

Nah, buat penggemar trakking, sebaiknya kamu kunjungi wisata air terjun Kalibaru Banyuwangi. Kawasan ini terkenal dengan udara yang sejuk dan segar, karena dikelilingi oleh Gunung Gending, Gunung Terong, Gunung Raung, Gunung Gumitir, dan Gunung Menyan.
Setelah trekking, kamu akan menikmati indahnya air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan lebat. Suhu udara di lokasi ini berkisar antara 20 – 28 derajat celcius, serasa pakai AC alami ya?


5. Agrowisata Kalibendo
Kawasan ini berada di antara kebun teh dan kopi, sehingga memberikan suasan yang sejuk dan nyaman, cocok buat kamu yang ingin mengusir penat dari kehidupan di kota. Kamu suka bersepeda? Kawasan yang berada di kaki Gunung Ijen ini, juga cocok buat kamu yang suka bersepeda di alam.
nah, di kawasan ini terdapat air terjun dengan air yang sangat bening. Tak perlu susah-susah mencari lokasi ini, kamu tinggal melakukan perjalan menuju rute Kawah Ijen, maka akan banyak ditemukan penunjuk jalan menuju lokasi ini.


6. Taman Nasional Alas Purwo
Taman Nasional Alas Purwo ibarat paket lengkap buat kamu yang gemar wisata alam. Ada pantai, hutan lebat, dan padang savana, yang bersatu di satu tempat bernama Alas Purwo. Pesona alam liar mulai dari binatang-binatang dan tumbuhannya, akan membuatmu terpesona seketika.
Di Pantai Trianggulasi di kawasan ini, kamu bisa melihat penyu-penyu yang memang berhabitat disini, seperti penyu belimbing, penyu sisik, penyu abu-abu, dan penyu hijau.


7. Blue Bay
Blue Bay atau teluk biru masih berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini terkenal akan air lautnya yang nampak biru jernih, apalagi jika kamu mengabadikannya dari ketinggian. Kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling, karena keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan.
Kamu bisa menyewa perahu disini dengan kisaran harga antara 300 – 500 ribu. Rasanya tidak rugi kok menyempatkan ke tempat eksotis ini, apalagi terumbu karang di kawasan ini masih sangat dijaga kelestariannya.

 


8. Pulau Tabuhan

Pulau tabuhan memiliki luas sekitar 5 hektare, terletak persis di tengah Selat Bali, yang memisahkan Pulau Bali dan Pulau Jawa. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menuju ke Pantai Bangsring, sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi.
Dari Pantai Bangsring, kamu bisa mencapai Pulau Tabuhan dalam waktu 30 menit. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan air laut berwarna hijau tosca. Kamu juga bisa snorkeling dan melihat berbagai spesies ikan, bunga karang, dan banyak spesies lainnya.


9. Tebing di Teluk Ijo
Teluk hijau masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Di kawasan berkarang dan berpasir putih ini, saat ombak bersahabat kamu bisa snorkeling dan bermain dengan ikan dan terumbu karang di dasar laut.
Namun jika ombak sedang tak bersahabat, kamu bisa menjajal cara ekstrim untuk tetap bisa menikmati keindahan teluk ini, yaitu memanjat batu karang! Tentu dengan tetap berhati-hati, kamu bisa berpijak di batuan karang Teluk hijau yang kokoh yang bisa kamu jadikan sebagai tempat bersantai. (wan/bs)

 

Comment

News Feed