by

Sambut HUT RI ke-74 dengan Gelato Merah Putih

Surabaya – Puncak peringatan HUT RI ke 74 tinggal hitungan hari. Beragam cara dilakukan masyarakat Indonesia untuk menyemarakkan peringatan HUT RI, mulai dari memasang pernak pernik Agustusan hingga menghadirkan kuliner bernuansa merah putih. Nah, cara yang terakhir inilah yang dilakukan Hotel Golden Tulip Legacy Surabaya.

“Dalam rangka HUT RI Ke-74, kami ingin menghadirkan menu khas bernuansa Merah Putih. Tidak cuma untuk merayakan, tapi juga dapat memberikan semangat Kemerdekaan,” ujar Mohammad Andika, Kapten Bartender Coffe and Co Golden Tulip Legacy.

Adapun menu bernuansa Merah Putih yang dihadirkan Andika yakni Juice Merah Putih yang menggabungkan smoothies strawberry dan smoothies sirsak. Lalu adapula Gelato Ice Cream Merah Putih.

Untuk Juice Merah Putih ditata berlapis oleh Andika, sehingga tampilannya menyerupai Bendera Indonesia, merah putih.

Dikatakan Andika, buah strawberry dan sirsak memiliki rasa manis, sehingga ia hanya menambahkan gula pada smoothie sirsak. Tujuannya, agar minuman tersebut memiliki rasa manis dan asam yang seimbang.

“Juice Merah Putih ini sangat mudah membuatnya, siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi untuk menghasilkan smoothies buah dingin dengan kelembutan yang pas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan,” jelasnya.

Smoothies, lanjutnya, dibuat dengan es batu yang banyak. Jika es batunya terlalu sedikit, nanti jadinya malah seperti juice biasa.

“Smoothies punya tekstur foamy, lembut saat masuk ke mulut. Untuk membuatnya, kuncinya adalah melebihkan bahan es batu ketimbang air,” imbuhnya.

Misalnya saja jika takaran airnya 10 ml, maka es batu yang dipakai sekitar 20 ml. Takaran ini dapat diterapkan untuk segala macam buah.

Ia lantas mencontohkan cara membuat smoothies strawberry dengan 10 buah strawberry dan air 10 ml. Keduanya lantas diblender.

“Setelah diblender, tambahkan gula sesuai selera. Baru blender lagi dengan menambahkan es batu yang banyak,” jelasnya.

Adapun untuk menu Gelato Merah Putih, Andika mengungkapkan jika dirinya terinspirasi dari milkshake strawberry.

“Kalau milkshake strawberry dibuat dari ice cream strawberry dan susu putih. Sedangkan Gelato Merah Putih, saya pakai ice cream gelato vanila dan buah strawberry,” ujarnya.

Gelato Merah Putih disajikan dengan juice strawberry di bagian bawahnya.
Tampilan menu gelato inipun merah putih.(rur)

Comment

News Feed