by

Resmi jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ini 7 Fakta tentang Wishnutama

-berita-440 views

Jakarta – Wishnutama Kusubandio resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Jokowi Jilid II setelah diumumkan di Istana Merdeka pada Rabu (23/10). Berikut 7 fakta tentang Wishnutama, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Sukseskan Asian Games 2018

Wishnutama sendiri dikenal luas oleh masyarakat setelah dianggap berhasil membuat upacara pembukaan Asian Games 2018, di mana saat itu ada video Presiden Jokowi “terbang” naik moge. Dirinya juga membesut upacara penutupan ajang olahraga internasional itu.

2. Pelaku industri pertelevisian

Sebelum Asian Games 2018, Wishnutama dikenal sebagai pelaku industri pertelevisian. Ia sempat menjabat di Trans TV sebelum menjabat di NET TV.

Lulus kuliah, pekerjaan pertama Wishnutama ialah sebagai asisten produksi di New England Cable News, Massachusetts, tepatnya pada tahun 1993.

Setahun kemudian ia pulang ke Indonesia dan berkarier di Indosiar, menjabat sebagai On Air Promo Supervisor sebelum naik pangkat menjadi Production Manager pada tahun 1999.

Trans TV menjadi tantangan baru bagi Wishnutama, yang memutuskan bergabung ke sini pada tahun 2001. Sepuluh tahun membesarkan Trans TV – dan adiknya Trans 7, Wishnutama lalu naik pangkat menjadi President Director.

Seakan gemar dengan tantangan baru, Wishnutama memutuskan pensiun dari Trans TV dan kembali membidani stasiun televisi baru, yakni NET TV, pada tahun 2013.

Tahun ini Wishnutama mengundurkan diri dari NET TV. Kemunduran dirinya juga dibarengi dengan kabar burung PHK massal yang melanda karyawan NET TV.

Sejak tidak lagi bergabung dengan NET TV, ia terlihat akrab dengan pemerintahan, terutama setelah menjadi bos penyelenggaraan Asian Games 2018 sampai datang ke Istana Merdeka mengenakan kemeja putih dalam masa pemanggilan menteri.

3. Lulusan Boston, Amerika Serikat

Kreativitas Wishnutama nampaknya terasah setelah mengambil kuliah jurusan Liberal Arts di Mount Ida College and Communication, Emerson College, Boston, Amerika Serikat. Seiring menempuh pendidikan tersebut, ia sempat mengikuti kursus pertelevisian di Emerson College.

4. Ikut Pendidikan Militer

Di tengah bangku kuliah, ia juga sempat mengenyam pendidikan militer di Military College of Vermont di Norwich University.

5. Sepi dari Gosip

Berita mengenai prestasi Wishnutama mungkin bisa dengan mudah ditemukan di internet, tapi tidak dengan kehidupan pribadinya.

Pria ini diketahui sudah pernah menikah dua kali, pertama dengan Wina Widodo lalu dengan Wina Natalia. Dari kedua wanita tersebut ia mendapatkan empat anak.

Setelah bercerai dengan Wina Natalia, ia menikahi Gista Putri. Saat ini sang istri dikabarkan sedang mengandung anaknya.

Walau dekat dengan selebriti, tak pernah ada gosip berarti dari Wishnutama. Kebersamaan Wishnutama dan keluarga juga lebih sering diunggah di media sosial Gista atau anak-anaknya.

6. Hobi fotografi

Ia memang memiliki media sosial, namun lebih banyak untuk mengunggah hobi fotografinya dengan kamera Leica.

7. Akrab dengan keluarga mantan

Meski sudah bercerai ia masih menjalin hubungan baik dengan Wina Natalia dan suaminya yang seorang musisi, Anji.

Konsep pengasuhan anak bersama (co-parenting) ini banyak dipuji oleh masyarakat Indonesia, karena walau sudah tak lagi bersama kedua orangtua bisa tetap bisa memberikan keteduhan bagi anak-anaknya.

Setelah terpilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kehidupan Wishnutama sudah pasti berubah. Ia bakal lebih sering turun ke lapangan untuk mengunjungi destinasi wisata dari Sabang sampai Merauke.

Hingga akhir tahun ini sang pendahulunya, Arief Yahya, dititipi Presiden Jokowi target untuk mendatangkan 18 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan devisa sebesar US$20 juta.

Target kedatangan wisman awalnya 20 juta, namun diturunkan Jokowi sebanyak 2 juta pada awal tahun ini.

Menjelang tutup tahun, target wisman yang datang ke Indonesia dari bulan Januari-September baru 10,86 juta. Sementara dari devisa sudah masuk US$19,29 hingga bulan Agustus.

Selain target jumlah turis dan devisa, Wishnutama bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga punya banyak pekerjaan rumah untuk memajukan industri pariwisata Indonesia, mulai dari menegaskan aturan berkunjung agar kelestarian alam tetap terjaga sampai mengembangkan potensi wisata selain di Pulau Bali dan Pulau Jawa.

Tidak lupa mengangkat derajat ekonomi kreatif di Indonesia, terutama yang berhubungan dengan prestasi anak muda di kancah internasional. (cnn/dbs)

Comment

News Feed