by

Resmi Beroperasi, Begini Megahnya Bandara Kertajati

Jakarta – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau dikenal dengan Bandara Kertajati resmi beroperasi pada Kamis (24/3/2018). Bandara ini berlokasi di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Bandara Kertajati menjadi bandara terluas ke-2 di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, Banten.

Luas lahan BIJB mencapai 1.800 hektare (ha) dan memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500×60 meter. Runway tersebut akan diperpanjang menjadi 3.000×60 meter. Dengan kapasitas bandara melayani 5,6 juta penumpang pada tahap pertama.

Sejumlah fasilitas selesai dibangun antara lain pembangunan tower ATC, runway, taxiway (jalan penghubung landasan), apron jalan GSE dan semua sarana di sisi udara.

Fasilitas bandara terdiri dari runway 2.500 mx60 m, paralel taxiway 2.750 mx25 m, cross taxiway 1.180 mx25 m, serta apron 576 mx151 m yang mampu menampung empat jet wide boy sekelas Boeing B777 atau Airbus A330 dan enam jet narrow body sekelas B737 NG atau A320.

Bandara Kertajati juga bakal dilengkapi dengan jalur kereta bandara untuk menarik minat dan mempersingkat waktu penumpang dari Jakarta maupu Bandung.

“Nantinya kereta ini akan membawa penumpang dari Stasiun Gambir menuju Bandara Kertajati dalam waktu kurang dari dua jam. Kereta akan melalui Bekasi Timur, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, seperti dilansir dari Liputan6.

Dari laman PT BIJB, terungkap bandara internasional ini terletak di Kertajati, sekitar 68 km dari Bandung, ibu kota Jawa Barat. Aksebilitas bandara ini terjamin dengan ada jalan raya dan kereta api yang menghubungkan Bandung, Kertajati dan Cirebon.

Selain itu, jalan tol Cisumdawu untuk hubungkan Bandung dan Kertajati. Jalan tol Cipali yang menghubungkan Kertajati dan kawasan industri Karawang, dan juga jalur jalur menuju pelabuhan Cirebon

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan memberangkatkan calon jemaah haji melalui Bandara Kertajati. Bandara itu dilengkapi ruang tunggu haji dan umrah eksklusif seluas 1.300 meter persegi serta 12 ruang salat.

Tak hanya itu, di dalam Bandara Kertajati juga memiliki fasilitas lengkap. Terdapat area bermain untuk anak-anak, tempat ruang tunggu yang nyaman. Bahkan dilengkapi seperti pohon berbentuk setengah kubah berwarna putih. Hal itu menambah keindahan interior di Bandara Kertajati.

Ditambah bangku yang nyaman untuk penumpang di ruang tunggu. Tak hanya itu juga ada karya seni berupa patung di bandara tersebut. Selain itu juga dihiasi dengan motif batik megamendung di dalam bandara Kertajati.

Comment

News Feed