by

Pulau Samalona,Surga Bahari di Lepas Pantai Makassar

Makasar, yukpigi.com – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) punya pesona keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata lain di Nusantara. Wisata baharinya memukau, dengan pantai dan pulau-pulau kecil yang bisa jadi tempat bersantai sejenak.
Salah satu yang bsa disambangi jika sedang berwisata ke Sulsel adalah Pulau Samalona. Berlokasi tak begitu jaduh dari Kota Makassar, Pulau Samalona menghadirkan pemandangan yang cantik dengan hamparan laut biru dan pasir putihnya. Pohon kelapa yang tumbuh subur di pulau tersebut menjadikan lokasi ini makin eksotik saja.
Pulau Samalona berukuran kecil, hanya memiliki luas 2,34 hektar. Kawasan perairan di sekitarnya juga layak dinikmati Banyak sekali pengunjung memanfaatkan waktu untuk snorkeling dan diving.
Jika ingin menyelam, tak usah kuatir mencari gear. Di pulau ini terdapat terdapat penyewaan alat-alat untuk snorkeling dan diving. Di kawasan pantai pulau ini terdapat beberapa gazebo yang juga disewakan . Untuk wisatawan yang mau menignap, penduduk setempat menjadikan rumah mereka sebagai homestay.
Pulau Samalona juga mudah dicapai. Dari pelabuhan di Kota Makassar, jarak waktu yang ditempuh menuju pulau ini hanya dalam waktu 30 menit menggunakan perahu motor.
Harga penyewaan perahu motor dari pelabuhan yang terletak di dekat Losari dan dari dermaga dekat Benteng Rotterdam. Dari situ, wisatawan bisa menyewa speed boat dengan biaya sekitar Rp 300.000,- hingga Rp 500.000 yang berlaku untuk pulang dan pergi.(wan/gnp)

Comment

News Feed