by

Pesona Gunung Wayang di Lumajang yang Bikin Jatuh Hati

Lumajang – Gunung Wayang merupakan salah satu wisata gunung yang memliki keindahan tiada duanya yang terletak di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang juga bersebelahan dengan pos pantau Gunung Semeru (gunung sawur) dan hutan bambu.

Tinggi Gunung Wayang sekitar 900 – 1000 mdpl. Saat malam hari, jika kita beruntung kita dapat melihat keluarnya lava Gunung Semeru dari bibir kawah Semeru meskipun itu jarang sekali terjadi.

Track menuju puncak Gunung Wayang ini tergolong cukup mudah. Yaitu dari tempat parkir motor, hanya dengan berjalan kurang lebih 20 menit kita sudah bisa sampai dipuncaknya. Selain itu di lereng Gunung Wayang juga terdapat sumber mata air yang jernih. Jadi kita tidak sulit untuk mendapatkan air jernih sekedar untuk minum dan memasak perbekalan kita.

Untuk memulai pendakian kita bisa memarkir kendaraan kita di rumah terakhir (rumah dekat tower telepon seluler). Kemudian kita bisa memulai pendakian dengan mengikuti jalur.

Track dari tempat parkir sampai kurang lebih 500 m tidak begitu terjal karena kita melewati ladang penduduk. Disini kita bisa melihat pembibitan tanaman holtikultura.

Setelah melewati rumah pembibitan maka kita akan dihadapkan dengan track jalan yang menanjak. Cukup menguras tenaga dan jalan licin sekali jika setelah musim hujan. Jangan kaget jika kita akan disambut dengan binatang yang imut dan lucu namun mengerikan yaitu pacet / lintah. Banyak pacet berkeliaran di Gunung Wayang. Tapi keindahan alam yang bisa kita dapatkan tentu akan lebih memuaskan kita.

Sekitar berjalan 20 menit – 45 menit (tergantung kondisi fisik pendaki) kita akan sampai pada puncak Gunung Wayang. Disini kita akan bisa melihat Gunung Semeru dengan jelas. Kita juga bisa melihat pantai. Bahkan jika kita mau camp di tempat ini sudah ada tanah yang cukup datar yang mungkin bisa menampung sampai 5 tenda dom. Jangan lewatkan matahari terbenam, dan matahari terbit di tempat ini.(lum)

Comment

News Feed