by

Pesona Gunung Kelud diserbu Wisatawan Saat Libur Lebaran


Kediri, yukpigi.com – Selain panorama alam yang menawan, gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kediri dan Blitar itu menawarkan berbagai atraksi dan spot wisata di sekitarnya.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo mengatakan, saat ini Pemkab juga mengembangkan wisata pendukung di sekitar Gunung Kelud. Tujuannya agar pengunjung lebih senang dan bisa berkunjung ke berbagai wisata alternatif itu.
“Kami punya destinasi wisata banyak, selain kawah Gunung Kelud juga ada untuk adventure, untuk track atau jalan kaki, agrowisata, banyak,” ungkap Adi dalam keterangannya.
Salah satu fasilitas andalan Gunung Kelud yang menjadi favorit adalah Adventure Kelud. Yaitu berwisata gunakan jeep terbuka. Treknya mengelilingi perbukitan hutan dan perkebunan tepu. 1 jeep dihargai 375.000 untuk 4 orang.
Selain itu, Pemkab Kediri juga melibatkan para tukang ojek wisata untuk mengangkut wisatawan. Sebanyak 200 tukang ojek silih berganti mengantar penumpang ke tempat wisata. Mereka juga ikut serta dalam promosi wisata Gunung Kelud.
“Misalnya saat dapat penumpang, selama dalam perjalanan bisa menceritakan tentang sejarah Gunung Kelud, bisa menunjukkan spot-spot foto mana yang pas untuk diabadikan,” sambungnya.
Di samping fasilitas itu, lanjut Adi, Pemkab juga telah menyiapkan destinasi desa wisata lainnya. Destinasi wisata yang sudah dinyatakan mandiri dan banyak dikunjungi wisatawan kini tercatat berjumlah 9 tempat.
“Desa wisata yang mandiri ada sembilan, dan yang mau akan menjadi keinginan kita ada 28 desa wisata. Selain desa wisata, ada juga tempat wisata yang dikelola oleh swasta,” imbuh Adi.
Adi menyebut, selama libur Lebaran 2019, jumlah kunjungan wisatawan meningkat drastis. Bahkan, mencapai 5 ribu orang per hari. (gnp/wan)

Comment

News Feed