by

Penggagas Jember Fashion Carnaval Berpulang, Ini Sederet Prestasinya

-berita-117 views
Dynand Fariz (kanan)

Jakarta – Jember Fashion Carnaval (JFC) sejak 2001 rutin diselenggarakan di Jember, Jawa Timur. Dynand Fariz, sang penggagas JFC mampu mengharumkan kota kelahirannya sampai kancah internasional. Kini Dynand telah berpulang dan meninggalkan warisan JFC serta segudang prestasi.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran di Kementerian Pariwisata turut belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Mas Dynand Fariz,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, sesuai siaran persnya, Rabu (17/4/19) lalu.

Arief mengatakan, sosok Dynand Fariz sangat berjasa bagi industri pariwisata Indonesia. Ia membawa JFC menduduki posisi pertama di Asia dan ketiga di dunia sebagai karnaval terbaik setelah Rio Carnival di Brasil, dan Pasadena Flower Carnival di Los Angeles, Amerika Serikat.

Pada 2014, JFC mendapat penghargaan sebagai Penyelenggara Event Terbaik kategori Seni dan Pertunjukan dari Kementerian Pariwisata Indonesia.

Sejak saat itu, JFC bercokol di Calendar of Event Kementerian Pariwisata Indonesia yang diluncurkan mulai 2018. JFC juga menjadi ikon carnaval di Indonesia. Banyak daerah lain yang menyelenggarakan carnaval dengan kostum berkiblat pada teknik dan desain JFC.

“JFC bukan hanya ikon Jember saja, tetapi sudah menjadi ikon Indonesia, untuk itu harus terus dikembangkan,” kata Presiden Joko Widodo saat menghadiri pagelaran JFC ke 16, Minggu (13/8/2017).

Kostum rancangan Dynand juga beberapa kali menyabet pernghargaan internasional. Seperti pada 2015 rancangannya dengan tema The Chronicle of Borobudur menyabet Best National Costume di ajang Miss Universe 2014.

Pada ajang Miss International dan Miss Supranational 2014, kostum buatan Dynand juga menyabet penghargaan Best National Costume. Lewat tangan dingin Dynand, Indonesia berhasil manyapu bersih penghargaan Kostum Nasional Terbaik di ajang kecantikan pada tahun tersebut.

Dari tahun ke tahun, Dynand menjadi andalan perancang kostum nasional dari Yayasan Puteri Indonesia. Terakhir pada 2018, Dynand memukau dunia lewat tampilan kostum Garuda di ajang Asian Games.

Kini Dynand telah berpulang. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Jember Klinik, Kabupaten Jember pada pukul 03.55 WIB, Rabu (17/4/2019). Semoga semakin banyak Dynand lain yang mengharumkan Indonesia sampai ke kancah internasional lewat panggung carnival.(kc)

Comment

News Feed