by

Pekan Cipta Seni Jatim 2019 Sebagai Ajang Kompetisi Untuk Berprestasi

 

Surabaya, yukpigi.cocm- Pekan Cipta Seni (PCS) Provinsi Jawa Timur 2019 merupakan rangkaian peningkatan seni pelajar dan parade seni pertunjukan anak sebagai ajang kompetisi untuk berprestasi dibidang seni budaya. Dengan kegiatan ini para anan-anak mampu meningkatkan kreativitasan apresiasi bagi generasi muda.

Menjunjung tinggi rasa kebersamaan antar generasi muda gotong royong untuk saling memiliki dan menghormati. Melalui kegiatan peningkatan PCS ini selain sebagai ajang kompetisi bagi generasi muda juga untuk reaktualisasi dan revitalisasi kesenian yang ada di daerah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Jawa Timur, Sinarto dalam laporannya pada Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur 2019 di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Jumat (26/4) malam mengatakan, peran serta kabupaten/kota di Jawa Timur dalam kegiatan PCS 2019 dalam rangka mendukung perkembangan seni budaya yang ada di daerah.

Rangkaian kegiatan yang dikemas dalam bentuk kompetisi dibidang seni budaya dengan berakar dari lokal genius daerah masing-masing di Jawa Timur mampu menjunjung tinggi rasa kepedulian kita terhadap pelestarian seni budaya.

Peningkatan seni cipta pelajar diikuti oleh 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan sasaran generasi muda yang dibagi menjadi tiga jenjang usia yaitu mulai 7-12 tahun, 13-15 tahun dan 16-18 tahun. Lomba bidang seni pawai budaya, musik tradisi, teater tradisi, tari, paduan suara, musi qasidah, cipta dan baca puisi, musikalisasi, puisi, seni rupa meliputi lukis, poster, desain tekstil dan seni patung.

Tema Peningkatan Cipta seni Pelajar Jawa Timur 2019 “Membentuk generasi melenial yang berbudaya untuk berprestasi” dengan moto “Generasi mulenial adalah generasi yang kreatif untuk berprestasi dengan menjunjung tinggi kebersamaan yang berazas budaya lokal”

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan generasi muda di bidang seni budaya. Tujuan lain juga untuk membekali generasi penerus bangsa agar berkemampuan tinggi, berkepribadian luhur serta berkarakter. Sekaligus menumbuhkan apresiasi para generasi muda terhadap seni budaya.

Kegiatan PCS yang berlangsung mulai 24-29 April 2019 diikuti oleh sekitar 5.900-6.000 orang dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Dari kegiatan ini menjadikan hotel-hotel dan retoran di Kota Malang penuh. Dampaknya bisa membantu menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat di sekitar tempat penyelenggaraan. (wan/jnr)

Comment

News Feed