by

Pakai Teknologi 3D AR, Mr. D Suguhkan Lukisan Bergerak

-berita, Hotel-275 views

Surabaya – Anda pernah lihat lukisan yang gambarnya bergerak? Jika ingin melihat lukisan hidup, coba tengok karya seniman Doddy Hernanto. Pria yang karib disapa Mr.D ini menyuguhkan deretan lukisan yang hidup.

Menggunakan teknologi 3D Augmented Reality (AR), seniman asal Surabaya itu menyuguhkan 24 sketsa gambar
bergerak di Hotel Maxone Dharmahusada.

“Sketsa saya padukan dengan teknologi 3D AR. Saya mencoba mempermudah pengunjung dan khususnya penikmat seni untuk memahami karya saya,” jelas Mr. D.

Lukisan sketsa Mr D bertema ‘White on Black’ itu sebenarnya sudah bisa dinikmati secara langsung. Namun jika memakai bantuan aplikasi SnapCard yang didukung teknologi 3D AR, sketsa Mr. D jadi tampak lebih hidup karena akan menampilkan video plus suara.

Uniknya lagi, tak hanya dalam bentuk gambar bergerak, lewat aplikasi SnapCard ini juga terdengar suara-suara yang berbeda di setiap karya lukis.

“Saya bikin sketsa dulu, baru kemudian membuat video untuk ‘ditempel’ di lukisan sehingga muncul saat dihadapkan pada aplikasi,” jelasnya.

Mr. D lantas menunjukkan lukisan yang dia buat untuk memperingati Hari Bumi. Saat dilihat secara langsung hanya terlihat gambar pohon dan bumi, namun begitu dilihat menggunakan teknologi 3D AR akan terlihat bumi yang dikelilingi sampah kemudian muncul tulisan bergerak ‘Earth Day’.

Keseluruhan karyanya dipaparkan di atas selembar kertas warna hitam ukuran A3, dibubuhi goresan pensil putih sehingga membentuk sebuah gambar.

Untuk ide dari setiap karya lukisnya, Mr. D mengaku ide datang dari mana saja.

“Inspirasi dari mana saja, ketika dalam perjalanan pun bisa dapat ide. Pas dapat ide itu langsung saya torehkan,” tukas pria yang juga gitaris ini.

Bagi Mr.D perkembangan teknologi saat ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena sejatinya teknologi mempermudah hidup bukan sebaliknya. (rur)

Comment

News Feed