by

NYIA Dongkrak Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Candi Borobudur

Yogyakarta, yukpigi.com – Bandara baru New Yogyakarta International Airport atau NYIA di Kabupaten Kulonprogo diproyeksi mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur. Bandara NYIA rencananya mulai beroperasi pada akhir April 2019.
Dikutip tempo Direktur Keuangan PT. Taman Wisata Candi (TWC), pengelola Candi Borobudur dan Prambanan, Palwoto mengatakan saat kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur didominasi oleh turis dari Asia, khususnya dari Cina dan Malaysia. “Bandara baru diperkirakan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sekitar 12 sampai 15 persen,” kata Palwoto, beberapa waktu lalu

Saat ini trafik kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur setiap tahun, baik domestik maupun mancanegara, berkisar 9 juta orang. Dari jumlah itu, kunjungan wisatawan mancanegara sekitar 600 ribuan orang tiap tahun. “Selain dari Asia, wisatawan mancanegara asal Amerika dan Eropa tetap ada, tapi jumlahnya tak banyak,” ujarnya.

Palwoto menuturkan dengan adanya New Yogyakarta International Airport atau NYIA yang melayani lebih banyak penerbangan langsung, maka wisatawan dari berbagai negara di Amerika, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Australia, bisa menikmati perjalanan langsung ke Yogyakarta tanpa transit. “Kami sudah menyiapkan banyak hal untuk menyambut kunjungan wisatawan mancanegara seiring target beroperasinya bandara itu,” ujarnya.

Di Candi Borobudur misalnya, saat ini sedang gencar menerapkan konsep go green untuk berbagai aspek pengelolaan sampai moda transportasi di dalamnya. “Tak ada lagi penggunaan bahan bakar dengan timbal untuk moda di Kompleks Candi Borobudur,” ujar Palwoto.

Pengelola Candi Borobudur juga menambah fasilitas pendukung, seperti restoran yang menyediakan lebih banyak menu variatif dari berbagai negara. Adapun di Candi Prambanan, Palwoto melanjutkan, akan memperbanyak atraksi atau pagelaran, selain sendratari Ramayana dan festival Jazz.

Juru bicara proyek Bandara NYIA yang juga General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan saat ini proyek bandara New Yogyakarta International Airport mulai diverifikasi oleh Kementerian Perhubungan.

“Targetnya akhir April sudah ada penerbangan internasional di bandara NYIA,” ujarnya. Target pertama bandara NYIA bakal melayani rute penerbangan yang sudah ada lebih dulu, yang selama ini dilayani di Bandara Adisutjipto, yakni Singapura dan Malaysia. (tem)

Comment

News Feed