by

Ngabuburit Seru di Museum Islam Nusantara Jombang

-destinasi-1,383 views

Jombang – Mereka yang pernah berkunjung ke makam keluarga pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pasti sudah tidak asing lagi dengan Museum Islam Nusantara Hasyim Asy’Ari (MINHA).

Berdiri di atas lahan seluas hampir 5 hektare, museum MINHA ini terletak di terminal Kawasan Wisata Makam Gus Dur (KMGD), tepatnya di Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang.

Meskipun bangunan berbentuk limas ini belum sepenuhnya tuntas dalam proses pembangunannya, tapi nampaknya sudah cukup menarik perhatian wisatawan dan para santri. Tempat ini menjadi salah satu jujukan bagi mereka untuk ngabuburit.

Di lahan seluas 5 hektare ini juga terdapat sebuah monumen At Tauhid. Monumen berbentuk kubus ini terdapat tulisan 99 Asmaul Husnah dan di atasnya ada hiasan Allah dalam tulisan Arab.

Selain itu di sekitar monumen terdapat air mancur yang dipenuhi ikan hias di dalamnya. Deretan taman yang hijau di sekitar area museum cukup menambahkan suasana segar di area tersebut.

Gedung lima lantai yang menyerupai piramida ini tengah dalam masa tahap penyelesaian. Terlihat saat ini para pekerja masih melakukan pembangunan bagian interior samping dan beberapa bagian lainnya, seperti bagian dalam museum.

Menurut kabar yang beredar dari para pekerja, pembangunan MINHA ini dimulai sekitar tahun 2012. Mega proyek ini melibatkan campur tangan Pemkab Jombang, Pemprov Jatim serta Kemendikbud. Bahkan kabarnya proyek yang dipegang PT. Abipraya ini menelan anggaran senilai Rp30 Miliar.

Sempat ada target jika mega proyek ini akan selesai tahun 2015. Namun karena sejumlah kendala akhirnya mengakibatkan proyek molor hingga sekarang.

Museum ini akan digunakan untuk menyimpan barang bersejarah bagi umat Islam di Nusantara. Mulai dari awal masuk dan bekembangnya agama islam di Nusantara hingga peninggalan zaman perjuangan dan era reformasi agama islam. Selain itu museum ini juga akan menyuguhkan barang-barang peninggalan KH.Hasyim Asy’ Ari.

Comment

News Feed