by

Mudik Seru untuk Anak-anak

-berita-148 views
Anna Surti Ariana, Psikologi Anak

Lebaran kian menjelang, mudik pun menjadi tradisi yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia. Jutaan warga Indonesia berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan momen Lebaran bersama keluarga tercinta. Meski keramelelahkan namun mudik selalu menjadi momen yang dilakukan setiap menjelang Lebaran.

Nah, kalau kamu bagaimana, sudah siapkah untuk melakukan perjalanan mudik? Agar mudik kamu menjadi momen yang menyenangkan, yuk simak beberapa tips yang disampaikan Anna Surti Ariana, Psikologi Anak, berikut ini

1. Menyiapkan perlengkapan

Sebelum mudik tentunya kamu harus menyiapkan segala perlengkapan, terutama baju-baju ganti yang akan dikenakan saat di kampung halaman. Nah, kamu bisa menyiapkan sendiri segala perlengkapan yang dibutuhkan selama mudik.

Jangan lupa minta bantuan mama untuk membuatkan daftar perlengkapan yang akan kamu bawa. Setelah kamu menyiapkan semua perlengkapan, jangan lupa untuk kembali minta bantuan mama mengecek semua perlengkapan yang telah kamu siapkah, apakah sudah lengkap atau masih ada barang yang perlu dibawa lagi.

2. Menyiapkan permainan

Bagi kamu yang memiliki kampung halaman di luar Jawa Timur tentu membutuhkan waktu berjam-jam untuk perjalanan mudik. Agar perjalanan mudik kamu tidak membosankan, kamu bisa menyiapkan permainan yang dapat kamu mainkan bersama kakak, adik, ataupun mama. Misalnya menghitung mobil warna merah yang kamu jumpai selama perjalanan mudik, atau menyebutkan benda-benda dari awalan abjad tertentu. Selain seru, melakukan permainan selama perjalanan mudik bisa mengisi waktu kamu agar tak jenuh.

3. Membawa mainan

Selain menyiapkan permainan, membawa beberapa mainan juga bisa kamu lakukan lho. Mainan-mainan itu akan menemani kamu selama perjalanan mudik. Tapi jangan banyak-banyak ya, secukupnya saja mainan yang perlu dibawa. Misalnya membawa boneka ataupun mobil-mobilan. Yang perlu diperhatikan adalah tidak membawa mainan yang gampang tercerai berai, Lego misalnya.

4. Menyiapkan snack dan minuman

Saat momen mudik, macet menjadi hal yang tak terhindarkan. Nah, kamu perlu membawa snack maupun minuman sebagai antisipasi saat adzan magrib berkumandang kamu dan keluarga masih dalam perjalanan atau malah terjebak kemacetan.

Pilihlah snack yang mengenyangkan dan minuman yang tidak membuatmu justru bertambah haus.(rur)

Comment

News Feed