by

Menjamurnya Wisata Rintisan, Jumlah wisatawan ke Ponorogo terus meningkat

Ponorogo, yukpigi.com – Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, yang pertengahan 2019 ini tembus angka 500 ribu orang, padahal tiga tahun sebelumnya hanya di kisaran 100 ribu orang.
“Tren kunjungannya terus meningkat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo Lilik Slamet Raharjo dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (31/7).
Data statistik yang disampaikan Lilik, kunjungan wisatawan telah tiga kali alami peningkatan. Pada 2016, jumlah kunjungan wisatawan masih berkutat di kisaran 100 ribu, lalu naik menjadi 150 ribuan pada 2017, dan berikutnya berlipat hingga lebih dari 300 ribu wisatawan pada 2018.
“Tahun ini kami realistis menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 625 ribu orang. Insya Allah tercapai, bahkan realisasinya lebih karena banyak data wisatawan yang mungkin tidak tercatat,” katanya.
Lilik mengatakan, pertumbuhan wisatawan itu tak lepas dari menjamurnya destinasi wisata rintisan yang dikembangkan, baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat desa.
Berbagai kegiatan seni budaya juga terus digalakkan. Ada yang dilakukan secara swadaya, dan sebagian lagi program daerah dalam mendongkrak pamor wisata-budaya Ponorogo di kancah domestik maupun dunia internasional. (ant/wan)

Comment

News Feed