by

Mengulik Sejarah Monumen Jogja Kembali

-destinasi-1,862 views

Yogyakarta – Sebagai salah satu kota yang memiliki sejarah panjang dan besar di Indonesia, kota Jogja memiliki banyak sekali peninggalan bersejarah baik berupa bangunan, monumen, tempat wisata, pasar, dan banyak hal lain. Salah satu tempat bersejarah yang juga menjadi rekomendasi pilihan wisata sejarah di kota ini adalah MONJALI (monumen jogja kembali).

Pertama kali melihat monumen ini Anda bisa melihat cukup besar saksi sejarah dari adanya bangunan ini. Perlu diketahui kalau Monjali merupakan bangunan yang memperingati kembalinya kota Yogyakarta terbebas dari penjajahan Belanda pada tahun 1949.

Di dalam monumen ini Anda bisa menikmati wisata sejarah tentang perjuangan kota Jogja pada saat damai waktu dahulu.

* Sejarah singkat Monumen jogja kembali

Bangunan menyerupai piramida di Mesir ini dibangun oleh pemerintah kota Yogyakarta pada tahun 1983 sebagai peringatan di tariknya serdadu Belanda dari ibu kota Yogyakarta pada tahun 1949 tepatnya pada tanggal 29 Juni. Untuk memperingati kembalinya Jogja sebagai kota yang terbebas dari penjajahan dan intensitas Belanda di Yogyakarta. Pemerintah daerah tingkat II adalah yang mengusulkan untuk membuat monumen peringatan ini.

Wisata monumen jogja kembali yang terdiri dari tiga lantai ini dibangun dalam kurun waktu empat tahun dan diresmikan oleh presiden Soeharto pada tahun 1989. Bangunan ini juga di kelilingi oleh kolam, bentuk monumen ini merupakan simbol dari kemakmuran dan pelestarian budaya dari nenek moyang.

* Lokasi monumen Jogja kembali

Lokasi monumen Jogja kembali adalah di Dusun Jongkang, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Lokasi ini merupakan titik dimana titik tersebut yang menghubungkan antara Tugu Jogja, panggung Krapyak, gunung merapi, keraton Ngayogjakarta dan pantai Parangtritis.

Comment

News Feed