by

Melanglang di Pantai Pelang Trenggalek, Pantai yang memiliki Air Terjun


Trenggalek, yukpigi.com – Trenggalek juga terkenal dengan wisata destinasi pantai yang indah dan masih alami, pantai pelang salah satunya.
Jika mengunjungi pantai biasanya kita hanya menikmati pantai dengan pasirnya, dan bermain dengan ombaknya.

Tetapi di pantai ini, kita juga dapat menikmati air terjun yang sejuk dan pohon-pohon pinus. Pantai yang terletak di ujung barat Trenggalek, sekitar 57 km dari kota Trenggalek, memiliki keunikan tersendiri.

Dari pintu masuk, kita akan bertemu dengan jalan setapak yang telah dibuat permanen. Melewati jembatan kita akan disuguhi pemandangan bebatuan di sisi kanan jalan.

Di ujung jalan, kita dapat melanjutkan ke arah pantai atau ke arah air terjun. Jika kita memilih untuk ke air terjun maka kita ambil jalan yang ke kanan, sebaliknya ke arah pantai kita ambil jalan ke kiri, keluar dari jalan permanen.

Sebelum mencapai air terjun, kita akan menjumpai penjaja makanan yang juga menjual kaos dan celana pendek. Jadi bagi pengunjung yang tidak membawa baju ganti, tidak perlu khawatir untuk berbasah ria.

Di sebelah kiri jalan terdapat kolam renang yang tidak terlalu dalam, namun kolam ini kurang menarik minat pengunjung karena bermain air di air terjun atau pantai lebih seru.

Air terjun yang terdapat di tempat ini mengalir di antara bebatuan yang berwarna kecoklatan. Di beberapa tempat agak licin, tapi sebagian besar tidak terlalu licin sehingga aman untuk disusuri, tetapi tetap berhati-hati ya.

Di salah satu bagian air terjun, terdapat rongga yang bisa kita masuki. Tentu saja harus melewati air yang mengalir sehingga harus siap berbasah-basahan.

Puas bermain di air terjun, kita menuju ke pantai. Pantainya juga cantik, pasir yang lembut terhampar luas, sementara di sisi kiri bebatuan yang menjulang kokoh memberi kesan berbeda.

Pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang karena ombak yang besar dan tinggi. Kita dapat bermain di pantainya, menikmati ombak yang pecah atau berteduh di rimbunnya pohon pinus di pinggir pantai.

Sementara Data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek mencatat Pantai Pelang yang berada di daerah Kecamatan Panggul yang mengandalkan air terjun yang memesona itu dihampiri 8.000 wisatawan.

Total ada 42.002 orang datang ke objek pariwisata di Trenggalek dalam rentang waktu 6-9 Juni 2019. “Tempat pariwisata yang lain masih kami himpun datanya,” ujar Plt Kepala Disparbud Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, Senin (10/6/2019).

Lokasi dan Akses Menuju Wisata Pantai Pelang Trenggalek

Jika Anda ingin menemui wisata pantai pelang Anda bisa berkenjung di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Untuk jarak pusat kota trenggalek ke pantai pelang 57 Km, atau 1.5 jam dalam perjalanan.

Jika Anda masih bingung tempatnya, Anda bisa menggunakan google map, karena sudah ada navigasi menuju ke pantai dari google map.(tri/tik/wan)

Comment

News Feed