by

Majukan Pariwisata Sukabumi, Kota dan Kabupaten sepakat Berkolaborasi

Curug Puncakjeruk

Sukabumi, yukpigi.com- Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi berkolaborasi untuk memajukan sektor pariwisata khususnya dalam penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan wisatawan.

“Kolaborasi yang kami lakukan dengan Pemkot Sukabumi yakni untuk Kabupaten Sukabumi menyediakan objek wisata sementara Kota Sukabumi menyediakan tempat penginapan seperti hotel dan tempat wisata kuliner,” kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, beberapa waktu lalu

Menurutnya, kerja sama dua pemerintahan ini harus dibangun untuk menyambut pembangunan konektivitas transportasi yang dilakukan pemerintah pusat seperti Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Bandara Sukabumi dan jalur ganda kereta api Sukabumi.

Tiga megaproyek yang sedang dalam pembangunan tersebut lokasinya strategis dan berada di wilayah utara Sukabumi sebagai jalur penghubung dengan DKI Jakarta dan Bandung sebagai Ibu Kota Jabar.

Dengan demikian wisatawan yang datang ke Sukabumi beristirahat dulu di Kota Sukabumi dan menikmati kuliner setelah itu mengahabiskan waktu liburan di Kabupaten Sukabumi dengan berkeliling ke sejumlah objek wisata alam yang ada khususnya di Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Ia mengatakan, pariwisata Sukabumi dipastikan akan melesat cepat setelah seluruh pembangunan sarana transportasi selesai dikerjakan pemerintah pusat.

“Kolaborasi ini kami sebut Sukabumi Raya. Di Kota Sukabumi berdiri banyak hotel berbintang yang menunjukkan bahwa investor sudah mengetahui masa depan ekonomi yang ditopang dengan keberadaan objek wisata alam Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi Gabriel Sukarman mengatakan menjelang pembangunan jalan tol selesai, segala sesuatu harus secara cepat dipersiapkan karena orang dari Jakarta yang akan ke Bandung akan mampir ke Sukabumi.

Kabupaten Sukabumi terkenal dengan kehebatan objek wisatanya yang lengkap sehingga potensi ini harus dimanfaatkan karena dipastikan wisatawan yang akan berwisata ke kabupaten tersebut menginap pasti di Kota Sukabumi.

“Selain bekerja sama dengan Pemkab Sukabumi, untuk menarikan wisatawan, Kota Sukabumi harus menyelenggarakan berbagai event sehingga setelah berwisata dan menginap di hotel, mereka (wisatawan) dihibur dengan berbagai pentas seni dan kebudayaan serta disuguhi kuliner khas Sukabumi. Dengan demikian mereka menjadi betah dan kangen untuk datang lagi ke sini,” katanya. (ant/wan)

Comment

News Feed