by

Lebih dekat dengan Treasure Bay Lagoi, Kolam Renang Terbesar se Asia Tenggara

Bintan, yukpigi.com – Treasure Bay Lagoi merupakan kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Luasnya mencapai 6,3 hektar, dan memiliki panjang 800 meter.
Asal tahu saja, luas permukaannya bahkan setara dengan 50 kolam renang untuk ukuran olimpiade. Daya tamping airnya sampai 115 juta kubik, dengan kedalaman terjauh adalah 2,5 meter.
Keunggulan kolam buatan ini juga diklaim ramah terhadap lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan penggunaan produk kimia 100 kali lebih sedikit.
Sebagai gantinya, digunakan lah teknologi inbivatid Crystal Lagoons yang berguna untuk menyaring air yang ramah terhadap lingkungan, hemat energi, dan lebih efisien. Ini pula alas an mengapakolam renang itu memiliki air yang sangat jernih dan berwarna kebiruan, layaknya crystal water.
Bagian tepi kolam sengaja didesain landau seperti pemandangan pantai, miring ke bawah hingga ke tengah, jadi makin mirip seperti pantai.
Di samping itu, dasar kolam renang tidak menggunakan pasir, tapi menggunakan fiber berwarna putih yang sekilas nampak seperti pasir. Menggunakan fiber bukan berarti pasir aslinya terbuang. Pasir asli kolam masih ada.Hanya saja ditempatkan di bagian tepi luar kolam yang tak tersentuh air.
Dengan segala keunikan yang dimilikinya, wajar kalau Treasure Bay Bintan menjadi destinasi yang mulai banyak diincar oleh wisatawan mancanegara.
Dinas Pariwisata Bintan menunjukan adanya peningkatan kedatangan wisatawan mancanegara ke pulau tersebut. Terhitung pada periode Januari – September 2018 mencapai 371.000 orang dengan Penyumbang kunjungan terbanyak oleh Lagoi.
Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan, Kepri, mampu membuat 180 ribu wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang. Data itu merupakan data kunjungan wisatawan ke Treasure Bay selama tahun 2018.
Menurut Presiden Direktur Treasure Bay, CK Fong di Bintan, Jumat,19/4 jumlah kunjungan pada 2018 ini naik cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Untuk satu kawasan wisata, pertumbuhan pengunjung Treasure Bay cukup fantastis, apalagi baru dibuka tahun 2015.
“Kami optimis angka kunjungan akan terus meningkat pada tahun ini dan tahun depan,” katanya di sela-sela berkunjung ke Rumah Bahagia Lansia di Kelurahan Kawal, Bintan.
Ia menambahkan, wisatawan lokal yang berkunjung ke Treasure Bay tidak hanya dari wilayah kepri saja, namun banyak dari Jawa Barat, Jawa Timur dan sejumlah provinsi di Indonesia lainnya. “Sekitar 25 persen dari pengunjung Treasure Bay ini merupakan wisatawan asing,” ungkapnya.
Saat ini, ujar CK Fong objek wisata Treasure Bay sudah dilengkapi dengan 200 kamar hotel, awalnya dibangun hanya 40 kamar. Dia menyebutkan, nilai investasi untuk sektor witasa treasure bay sudah mencapai 50 juta Dolar Singapura atau setara Rp519 miliar dengan kurs Rp10.380.
Tahun ini pihaknya akan kembali membangun 200 kamar hotel lagi serta sarana pendukung lainnya dengan tambahan investasi 50 juta Dolar Singapura. “Target kita 200 kamar penambahan ini sudah beroperasi pada 2020,” sebutnya. (ant/gnp/m/wan)t

Comment

News Feed