by

Keren, Garuda Indonesia Masuk Daftar Maskapai Terbersih di Dunia

Jakarta – Garuda Indonesia masuk dalam daftar 30 maskapai terbersih versi Skytrax World Airline Awards 2018. Maskapai milik BUMN itu, menempati posisi ke-16.

Di posisi pertama, All Nippon Airways (ANA) dari Jepang, dinobatkan sebagai maskapai paling bersih sedunia, disusul EVA Air dari Taiwan, dan Asiana Airlines milik Korea Selatan.

Daftar teratas penghargaan itu, didominasi oleh perusahaan-perusahaan Asia.

Reviewer industri penerbangan yang berbasis di Inggris, Skytrax, meminta penumpang untuk menilai standar dan kualitas kabin pesawat terbang. Area kursi, meja, karpet, panel kabin, dan kamar mandi, adalah bagian dari penilaian dalam survei ini.

Singapore Airlines, Japan Airlines, Cathay Pacific Airways, Qatar Airways, Swiss International Air Lines, Hainan Airlines dan Lufthansa, menjadi 10 besar sisanya.

Maskapai dengan peringkat teratas untuk kebersihan berdasarkan benua, termasuk South African Airways di Afrika, Air New Zealand di Australia / Pasifik, Air Canada di Amerika Utara, Azul Airlines di Amerika Selatan, dan Swiss International Airlines di Eropa.

Kebersihan adalah masalah nyata bagi pelancong udara, dengan bandara dan pesawat dipandang sebagai tempat berkembang biaknya bakteri.

Pada 2015, situs web Travelmath.com mengirim seorang ahli mikrobiologi, untuk mengambil 26 sampel, dari lima bandara AS dan empat penerbangan, milik dua maskapai besar yang tidak disebutkan namanya.

Menurut hasil lab, tabel baki pesawat adalah yang paling kotor, dari semua lokasi dan permukaan yang diuji. Tabel baki, ternyata memiliki rata-rata 2.155 unit pembentuk koloni (CFU), per inci persegi.

“Karena ini dapat memberikan transmisi langsung bakteri ke mulut Anda, cara yang jelas dari hal ini adalah untuk menghilangkan kontak langsung apa pun yang dimiliki makanan Anda dengan meja nampan,” kata laporan Travelmath, tentang temuan tersebut.

Penghargaan untuk maskapai terbersih, adalah salah satu dari sejumlah gong, yang dibagikan oleh Skytrax setiap tahun.

Penghargaan Maskapai Penerbangan Dunia, telah diberikan sejak tahun 2001, dan dipandang sebagai penghargaan yang setara dengan Oscar, di industri penerbangan.

Singapore Airlines memenangkan penghargaan tertinggi untuk Airline of the Year, pada bulan Desember 2018 di London.

Qatar Airways berada di posisi kedua, setelah menang pada tahun 2017. Sedangkan, ANA All Nippon Airways berada di posisi ketiga.(jtm)

Comment

News Feed