by

Kenalkan wisata pantai di kawasan kota Banyuwangi dengan Festival Cacalan untuk

Banyuwangi, yukpigi.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur, terus mengembangkan destinasi wisata pantai dan salah satunya melalui Festival Cacalan di objek wisata pantai yang ada di kawasan kota.
Kegiatan Festival Cacalan yang digelar di Pantai Cacalan, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Rabu,31/7 selain untuk mengenalkan wisata Pantai Cacalan yang nantinya juga akan dijadikan pusat kuliner ikan bakar dan minuman segar jus jambe.
Festival Cacalan yang merupakan rangkaian Banyuwangi Festival 2019, ini berlangsung meriah dan ratusan pengunjung yang hadir, disuguhi deretan kuliner ikan bakar.
Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf mengatakan bahwa festival ini digelar untuk mengenalkan destinasi bahari di sekitar kota, yang dilengkapi dengan kuliner ikan bakar.
“Dengan dibukanya festival ini, secara otomatis menjadi identitas baru Pantai Cacalan sebagai destinasi yang menyajikan kuliner ikan bakar. Wisatawan yang ingin menikmati ikan bakar segar dan lokasi tak jauh dari pusat kota, silahkan datang ke Pantai Cacalan,” kata Wabup Yusuf.
Festival Cacalan ini dibuka dengan tarian kuntulan dan hadrah kolosal, sebanyak 200 penabuh hadrah memukul rebana dengan rancak, mereka dengan kompak menyanyikan lagu-lagu Islami mengiringi para penari dengan berlatar belakang pantai.

Turis asing yang hadir pun turut menikmati atraksi yang ditampilkan dan gelaran festival tersebut.
“Ini sangat menyenangkan. Sebuah festival di pinggir pantai sambil bakar ikan dan juga ada kesenian. Bagus,” kata Corwin Böker, wisatawan asal Jerman.
Yusuf menambahkan, atraksi seni akan menjadi agenda tetap yang akan ditampilkan di Pantai Cacalan.
“Festival ini tidak hanya untuk mengenalkan destinasinya saja, tapi juga mengenalkan budaya dari warga setempat. Jadi di setiap kawasan destinasi, kami akan mengangkat budaya yang berbeda, tergantung tradisi warga setempat,” paparnya. (ant/wan)

Comment

News Feed