by

Keliling Pulau Samosir hanya bayar Rp 100 Ribu

Samosir , yukpigi com – Pernah membayangkan bagaimana cara berkeliling Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba hanya dengan uang Rp 100 ribu? Kalau sewa kendaraan atau sepeda motor saja, tentu tarifnya lebih dari itu.
Belum lagi jika ingin mampir ke objek wisata untuk sekadar menikmati pemandangan alam dan tentunya ber-selfie ria. Biaya yang dikeluarkan tentu lebih dari Rp 100 ribu.
Namun sekarang wisatawan bisa keliling Pulau Samosir dengan uang Rp 100 ribu. Pemerintah Kabupaten Samosir menyiapkan transportasi massal berupa dua unit bus pariwisata yang akan mengantarkan pengunjung berkeliling Pulau Samosir. Tarifnya Rp 100 ribu. “Harga ini sudah termasuk tiket masuk ke objek wisata,” kata Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga, dikutip tempo saat peresmian bus pariwisata milik Pemerintah Kabupaten Tobasa oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis, 4 April 2019.
Juang Sinaga menjelaskan rute bus pariwisata keliling Pulau Samosir itu bermula dari Pasar Onan Baru, Pangururan. Wisatawan kemudian akan diajak ke pemandian Aek Rangat, lalu ke Batu Hobon, Sopo Guru Tatea Bulan, hingga ke Gedung Geopark Toba. Selanjutnya bus pariwisata menuju Sipitu Dai, Menara Pandang Tele, Air Terjun Efrata, dan Bukit Holbung, sebelum akhirnya kembali ke Pasar Onan Baru

Banyaknya titik objek wisata yang dituju bukan berarti wisatawan harus buru-buru berpindah dari satu titik ke titik berikutnya. Para pelancong bebas memilih dari mana mereka naik dan di mana mereka akan turun dan memutuskan menghabiskan waktu lebih banyak di sana. Jika sudah selesai, bus pariwisata berikutnya akan tiba 2 jam kemudian untuk mengantar ke objek wisata selanjutnya.

Juang Sinaga memastikan wisatawan tak perlu lagi membayar saat naik bus pariwisata yang berbeda dengan bus saat berangkat. “Cukup tunjukkan saja tiket yang dibeli di awal,” kata Juang. Bus pariwisata ini diadakan untuk memudahkan mobilitas wisatawan di Pulau Samosir. “Kami sadar bahwa ada beberapa objek wisata di sini yang aksesnya terbatas, padahal potensi wisatanya sangat bagus.”
Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro menambahkan, selain destinasi wisata yang menjadi tujuan bus tadi, pengunjung bisa menikmati beberapa tempat lainnya akan dilewati bus, seperti Lagundi dan Narunggu, Aek na Tonang serta pantai di kawasan Nainggolan. Dengan adanya bus pariwisata ini, pemerintah berharap jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Samosir bertambah dan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah.
Berikut 11 objek wisata yang dilintasi bus pariwisata keliling Pulau Samosir:

1. Pemandian Aek Rangat Pangururan
Rendamlah kaki atau sekujur tubuh di Aek Rangat Pangururan yang terletak di Desa Rianiate. Sambil berendam air hangat, nikmati pemandangan indah di sekelilingnya.

2. Batu Hobon
Ini termasuk tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat Pulau Samosir. Mereka meyakini Batu Hobon di Sarimarrihit, Sianjur Mula Mula, ini merupakan penyimpanan harta pusaka Saribu Raja.

3. Sopo Guru Tatea Bulan
Ini adalah Rumah Guru Tatea Bulan atau Keturunan Pertama Raja Batak. Letaknya di Sarimarrihit, Sianjur Mula Mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

4. Gedung Geopark Toba

5. Aek Sipitu Dai
Ini adalah tempat yang membuat banyak wisatawan heran karena tujuh pancur mata air di sini mengeluarkan air dengan rasa yang berbeda. Penduduk sekitar percaya setiap air pancuran memiliki peruntukan berbeda pula. Letak air tujuh rasa ini ada di Kecamatan Sianjur Mulamula.

6. Menara Pandang Tele
Dari menara yang terletak di Lumban Pinggol, Pangururan, ini, wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Toba dengan lebih jelas. Pemandangannya cocok pula untuk tempat berfoto.

7. Air Terjun Efrata
Keindahan air terjun Efrata di Sosor Dolok, Harian, masih begitu alami. Para pecinta alam atau backpacker bahkan bisa berkemah di sekitar air terjun.

8. Bukit Holbung
Kalau kamu pernah menonton film Teletubbies, kamu akan ingat bagaimana hamparan perbukitan seperti karpet yang indah. Seperti itu pula pemandangan di Bukit Holbung yang terletak di Dolok Raja, Harian.

9. Lagundi
Ini adalah tempat wisata perkemahan dekat Pantai Lagundi.

10. Aek na Tonang
Objek wisata ini bisa dikatakan sebagai ‘danau di atas danau’. Aek na Tonang adalah sebuah danau di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Letaknya di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo.

11. Pantai di kawasan Nainggolan
Kecamatan Nainggolan memiliki objek wisata pantai yang menarik untuk didatangi. Di sini, wisatawan bisa mampir ke Pantai Sipinggan, Pantai Pandua, dan Pantai Batuguru. (tem)

Comment

News Feed