by

Inilah Daftar Kuliner Khas Nusantara yang Identik dengan Agustusan

Surabaya – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan hari spesial bagi masyarakat Indonesia.

Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kemerdekaan ini sebagai makna menghormati perjuangan yang telah dicapai para pahlawan. Salah satunya adalah perlombaan yang diikuti oleh semua umur, mulai dari balita hingga lansia.

Selain kegiatan perlombaan, masyarakat tidak jarang mengadakan acara makan-makan dengan menyajikan makanan khas daerah mereka.

Berikut 17 kuliner khas Indonesia yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan di berbagai daerah, seperti dilansir dari Kompas Travel:

1. Nasi Tumpeng Kuning
Kuliner ini sudah tidak asing bagi masyarakat karena selalu menjadi primadona dalam sebuah perayaan besar. Makna dari nasi tumpeng kuning ini adalah sebagai ucapan rasa syukur setelah mencapai sesuatu.

Nasi kuning yang mempunyai bentuk kerucut dan menjulang tinggi seperti gunung ini disajikan bersamaan dengan berbagai macam lauk pauk di sebuah nampan. Lauk pauk tersebut diantaranya adalah potongan ayam goreng atau suwiran ayam, tempe, perkedel, sambal goreng, hingga telur dadar.

2. Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom identik nasi dengan aroma khasnya. Diolah dengan cara diaduk dengan oncom hitam, bawang putih, kencur dan cabai. Kuliner khas Sunda ini sudah sering disajikan untuk peryaan pesta, termasuk perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Kue Bandros adalah kue tradisonal khas Jawa Barat dan sering dijumpai saat peringatan 17 Agustus.

3. Bandros
Bandros merupakan kuliner yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir dan cocok dinikmati dengan teh atau kopi.

Banyak pedagang menjual kue yang berbentuk melengkung dengan ketebalan 2 cm ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI. Biasanya sering ditemukan di sekeliling kompleks perumahan dan pusat keramaian atau pusat perbelanjaan.

4. Nasi Tumpeng Merah Putih
Nasi tumpeng merah putih tidak jauh berbeda dengan nasi tumpeng kuning. Perbedaannya hanya warna dan jenis nasi yang digunakan.

Kuliner ini menggunakan nasi merah dari beras merah yang ditempatkan di atas nasi putih. Hal ini menggambarkan bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih.

5. Ayam Tuturaga
Ayam khas Manado ini mempunyai penyajian yang mirip dengan opor. Diolah dengan mencampurkan daging ayam dengan bumbu pedas. Rasanya yang pedas mengigit lidah sosok dinikmati dengan nasi hangat.

6. Klepon Merah Putih
Klepon merukapakn kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Kue ini dibuat dari tepung beras ketan yang ditengahnya diisi dengan gula merah.

Jajanan tradisional ini biasanya identik dengan warna hijau, tetapi untuk memeperingati hari kemerdekaan klepon dibuat dengan warna yang menggambarkan bendera Indonesia yaitu merah dan putih.

7. Telok Abang
Telok Abang adalah telur bebek atau telur ayam yang diolah dengan cara direbus. Kuliner unik ini berasal dari Palembang, Sumatera Selatan.

Kuliner yang identik dengan warna merah ini dijual satu set dengan miniatur yang berisikan perahu. becak, bus, mobil dan jembatan Ampera. Biasanya Telok Abang ditancapkan di miniatur tersebut sehingga dapat menarik perhatian.

8. Telok Pindang
Kuliner lain yang berasal dari Palembang ini merupakan telur rebus yang dimasak dengan cara dipindang, yaitu dengan air yang sudah tercampur asam. Telok Pindang lekat dengan Pindang Musi Rawas di Palembang.

9. Telok Ukan
Selain Telok Abang dan Telok Pindang, kuliner khas Palembang lain yang hanya ada saat peringatan Hari Kemerdekaan Ri adalah Telok Ukan.

Makanan ini terbuat dari telur bebek yang diolah dengan cara yang unik. Isi telur bebek dikeluarkan dari cangkang yang telah dilubangi ujung cangkangnya. Kemudian telur tersebut dikocok bersama dengan rempah-rempah dan santan. Setelah adonan dikocok, telur kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang dan dikukus hingga matang.

10. Kerabu Betik
Kuliner ini sejenis urap yang dibuat dari kerabu atau pepaya muda sehingga rasanya renyah dengan bumbu gurih pedas. Selain pepaya muda, aneka sayur-sayuran dan rempah-rempah yang lezat.

11. Rujak Natsepa
Rujak Natsepa merupakan rujak yang berasal dari Indonesia Timur, yaitu Ambon. Rujak ini terkenal dengan cita rasa asam manis yang berpadu jadi satu dengan bumbu rujak yang lebih kental.

12. Nasi Jagung
Nasi jagung adalah kuliner kesukaan Presiden Pertama Indonesia, yaitu Soekarno. Bahan dasar kuliner ini dari jagung pipil. Nasi jagung biasanya sering disantap dengan lauk pauk lainnya.

13. Celorot
Celorot merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan santan. Berbentuk kerucut panjang dan dibungkus dengan daun kelapa seperti bentuk terompet. Kue tradisional yang memiliki rasa manis ini berasal dari Jawa Tengah.

14. Ketan Sumpit
Ketan Sumpit ini sejenis lemper yan dijepit dengan sumpit. Biasanya menjadi hidangan pendamping Telok Pindang, Telok Abang dan Telok Ukan. Kuliner ini juga ramai ditemukan pada Hari Kemerdekaan.

15. Ayam Goreng Paniki
Kuliner dengan bahan dasar ayam khas Manado lainnya. Terbuat dari ayam kampung yang diolah dengan aneka bumbu seperti jahe, daun jeruk, santan, serai dan rempah-rempah lainnya.

16. Carabikang
Kuliner ini berasal dari Jawa Tengah. Bentuknya seperti serabi dengan berbagai macam warna seperti layaknya bunga yang sedang mekar. Kue tradional ini berbahan dasar tepung beras dengan rasa manis.

17. Nasi Kendil
Nasi ini disajikan dengan cara yang unik, yaitu dengan menggunakan kendil tanah liat. Nasi Kendil dicampur dengan santan kelapa yang ditambahkan lauk pauk sesuai selera. Panaskan menggunakan kendilnya agar aroma menjadi lebih nikmat.(kc)

Comment

News Feed