by

Ini Lho Hidangan yang Biasa Dijadikan Lauk Pendamping Ketupat

Menyantap ketupat jadi tradisi orang Indonesia saat Lebaran. Umumnya saat menyantap ketupat, ada lauk pendamping lain untuk menambah rasa dan tekstur masakan.

Berikut lima hidangan yang biasa dijadikan lauk pendamping ketupat, seperti dilansir dari Travel Kompas:

1. Opor Ayam
Sejarawan Kuliner, Fadly Rahman mengatakan, hidangan opor tak benar-benar berasal dari Indonesia. Opor disebutkan berasal perpaduan antara masakan India dan Arab.

“India punya kari, lalu Arab membawa gulai, dan kita dengan kreatifnya melakukan modifikasi atau akulturasi budaya India dan Arab itu dengan menghasilkan opor,” papar Fadly

2. Semur
Semur tampak sederhana, tetapi sebenarnya punya sejarah yang panjang. Sejarawan JJ Rizal menyebutkan semur sejatinya adalah masakan yang tercipta dari perpaduan tiga bangsa.

“Tradisi dari zaman purba setiap masyarakat pasti punya cara mengolah daging dan cara mengawetkan daging tersebut. Daging semur adalah tradisi purba dari Indonesia. Kemudian datang pendatang dari China minta dibuatkan masakan kampung halamannya yang bahannya dari sari ikan kek,” kata sejarawan JJ Rizal.

Menurut Rizal, karena kebanyakan pendatang dari China adalah laki-laki, mereka kemudian memperistri perempuan Melayu.

“Sang istri yang orang Melayu memasukkan unsur mereka dengan gula jawa. Maka, jadilah kecap manis,” katanya.

Uniknya JJ Rizal menyebutkan yang menamakan semur justru orang Belanda yang artinya daging dengan rasa manis dimasak sampai empuk.

3. Rendang
Kalau di Jawa lauk ketupat identik dengan semur, beda dengan di Sumatera. Cita rasa manis kurang disukai sehingga semur biasa digantikan rendang.
Rendang berasal dari Sumatera Barat. Lambang dedikasi, kesabaran, dan martabat perempuan Minang. Mengolah rendang yang lezat bukan hal yang mudah. Pemilihan bahan terbaik, persiapan, dan proses masak rendang butuh waktu sampai berjam-jam.

Rendang juga bisa dibilang sebagai bintang dari segala masakan Minang, untuk itu perempuan Minang yang dapat memasak rendang dengan baik dan lezat biasanya akan mendapat banyak pujian.

4. Sambal Goreng Ati
Bahan sambal goreng ati dapat disesuaikan terhadap selera pemasak. Bisa ditambahkan potongan kentang, hati dan ampela ayam, petai, sampai udang.
Pada dasarnya sambal goreng hati memberi kedalaman rasa pedas, aroma, dan tekstur pada kuah ketupat. Jika masih tersisa, sambal goreng hati juga bisa dimasak untuk nasi goreng.

5. Sate
Sate kambing Lowayu, yang dianggap oleh pengunjung memiliki cita rasa berbeda.
Sate juga punya pengaruh dari Arab. Jika di sana lebih dikenal shish kebab, di Indonesia lebih populer dengan sate. Perbedaan ada pada ukuran daging dan bumbu kecap serta kacang yang digunakan.
Selain sate daging sapi dan kambing, sebenarnya sate kerang dan sate kupang juga sangat cocok disantap dengan ketupat. Contohnya hidangan lontong balap khas Surabaya yang nikmat disantap dengan sate kupang.(kc)

Comment

News Feed