by

Ini Destinasi asyik jika Mudik ke Jombang

Kampoeng Djawi Jombang

Surabaya, yukpigi.com – Kota Santri Jombang ternyata memiliki banyak sekali destinasi asyik yang tak kalah seru dengan wisata lain di Jawa Timur. Meski tak memiliki garis pantai, pesona alam Jombang begItu memukau. Ada wisata edukasi sejarah, spot selfie kekinian, hingga tempat wisata yang tidak banyak dikenal orang.
Berikut beberapa destinasi Jombang dan sekitarnya, yang bisa jadi rekomandasi wisata bersama keluaraga saat mudik lebaran.

Kampoeng Djawi Jombang

Kampoeng Djawi berlokasi di Desa Gondang, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Destinasi wisata ini berada pada ketinggian 750 meter diatas permukaan laut dikelilingi pegunungan dan hamparan sawah di sekitar.

Kampoeng Djawi merupakan sebuah tempat ideal untuk melakukan rekreasi dan bergembira. Suasana yang rekreatif dengan dilengkapi fasilitas kegiatan outdoor seperti high rope, flying fox, ampi theater, kolam renang, arena shooting target, pendapa joglo, dan bisamelakukan kegiatan rafting di Kali Boro (Sungai Boro), off road, motor cross dan mountain bike.

Kedung Sewu Jombang

Spot wisata alam di Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini terlihat sangat unik nan eksotis dengan rangkaian cekungan kecil berisi air yang terbentuk alami. Di kedung, nampak aliran sungai panjang berkelok-kelok. Di kiri dan kanan sungai inilah terdapat banyak kedung dengan ukuran kecil.

Kedung-kedung ini terletak diantara bebatuan raksasa, melalui proses alami selama ribuan-jutaan tahun, hingga tercipta puluhan cekungan yang terisi air sungai. Di kedung sewu, kamu tidak dapat berenang, hanya bisa berendam atau mandi. Namun, hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah berselfie dan berfoto.

Wana Wisata Sumber Biru

Seperti apa rasanya menikmati secangkir kopi di tengah sungai dengan alirannya yang tenang? Jika tertarik mencobanya, kamu bisa datang ke Wana Wisata Sumber Biru saat mudik ke Jombang.

Lokasi wisata di Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini bukan hanya menyuguhkan pesona alam dan nuansa yang anti-mainstream serta Instagramable, kamu bisa bersantai sembari mengudap kuliner khas Jombang yang asyik.

De Durian Park

Wisata kebun durian De Durian Park yang berada di Wonosalam Jombang ini bisa jadi alternatif mudik ria sembari makan durian. Destinasi di lahan berupa perbukitan dan lembah ini akan menjadi pelopor kebun durian yang bisa menjadi jujugan bagi wisatawan di Wonosalam.
Meski masih ditarget rampung September 2019, destinasi anyar ini sudah banyak didatangi pengunjung yang penasaran dengan wisata kebun durian pertama di Wonosalam lantaran gembar-gembor di media sosial sudah begitu membahana karena wisata kebun durian Wonosalam sudah begitu diimpikan semua warga Jombang.
De Durian Park bertempat di Dusun Segunung, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Tak usah khawatir dengan akses lokasi karena jalan sudah beraspal dan searah dengan rute menuju Pos Cak Kancil untuk pendakian Puncak Cemorosewu di ujung jalan Dusun Segunung.
De Durian Park dirancang menjadi kebun durian yang menyajikan durian sepanjang tahun, padahal durian Wonosalam biasanya hanya bisa dipetik antara bulan Desember hingga April. Tentunya tak hanya durian Wonosalam yang akan ditanam di sini. Mungkin Durian Monthong, dan durian-durian dari daerah lain yang akan mengimbangi musim non-panen demi menjaga ‘ketersediaan stok’.

Kedung Cinet

Tempat pertama yang bisa dikunjungi saat mudik ke Jombang adalah Kedung Cinet. Kerap disebut Gren Canyon Mini ala Jombang tempat wisata Kedung Cinet ini menawarkan keindahan air jernih dengan dasar bebatuan yang cantik. Selain itu, wisata ini juga memiliki panorama hutan hijau yang rimbun sehingga udara yang dihasilkan masih sangat segar.

Tempat wisata di Jombang Kedung Cinet ini berlokasi di Desa Pojok Klitih, Plandaan, Jombang, tepatnya 10 km dari Jembatan Ploso Brantas. Lokasi ini juga menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang instagramable di Jombang.

Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memesona. Air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian aliran air sekitar 158 meter. Bagian paling atas air terjun ini berada di ketinggian 1250 mdpl.

Lokasi air terjun ini berada di kompleks Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo di Gunung Jurung Guah dan masih merupakan kawasan hutan lindung Gunung Anjasmoro. Lokasi wisata Air Terjun Jombang ini masih sangat asri dan terjaga keindahannya. Apabila ingin berkunjung ke lokasi ini, silakan menuju ke Pangajaran, Desa Gelengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Wisata Bale Tani Jombang

Jombang memiliki wahana edukasi baru yakni Bale Tani yang menawarkan berbagai hal seputar pertanian. Ada hidroponik, persawahan, hortikultura, ladang, perikanan darat dan peternakan sapi. Wisata ini dilengkapi dengan sebuah musholla, tujuh buah rumah panggung, kolam renang anak, karaoke keluarga, dan beberapa spot foto hits kekininian.

Mengajak keluarga mengunjungi tempat ini saat mudik ke Jombang dijamin menyenangkan. Tertarik, silahkan mampir ke Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Bukit Hijau Carangwulung

Bukit Hijau Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur adalah salah satu wisata baru di Jombang yang sedang hits. Destinasi ini merupakan area pepohonan pinus yang dihiasi dengan spot foto kekinian.

Di sana, kamu bisa hunting foto instagramable di beberapa sudutnya. Seperti spot foto kupu-kupu, love dari ranting, tulisan kekinian dari bambu, sepeda digantung, dan hingga rumah pohon.

Taman Ponggok Banjarsari

Taman Ponggok Banjarsari menjadi salah satu incaran tempat liburan kekinian yang sekarang populer dan digandrungi anak-anak zaman sekarang. Destinasi wisata di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini termasuk dari objek wisata yang sekarang lagi hits di kabupaten Jombang.

Setidaknya, ada sekitar 200 jenis tanaman pangan dan non pangan yang ditanam di agrowisata terbaru ini. Ayo ajak keluarga sambangi tempat ini saat mudik ke Kebumen.

Wisata Alam Banyu Mili

Wisata Alam Banyu Mili di Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini merupakan wisata di Kabupaten Jombang yang resmi dibuka pada November 2017. Destinasi wisata ini menawarkan sensasi liburan seru dengan jalur trekking menantang dengan keindahan alam yang bikin adem pikiran.

Terdapat hammock di area sekitar yang bisa kamu gunakan bilamana merasa lelah saat mengitari lokasi. Bahkan tersedia beberapa warung dengan sajian kopi, minuman dingin hingga mie instan. Selain lingkungan alam yang masih sangat asri, di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa spot foto hits kekinian. Mulai dari Rumah Hobbit, hingga gelas raksasa yang menumpahkan air. (bs/gn/wan)

Comment

News Feed