by

Ini 7 Agenda Festival Jogja Heboh yang Patut Dikunjungi

Yogyakarta, yukpigi – Festival wisata dan belanja Jogja Heboh masih menjanjikan berbagai agenda menarik untuk dikunjungi. Festival Jogja heboh yang berlangsung sejak 1 sampai 28 Februari 2019 menawarkan berbagai program diskon belanja, potongan harga menginap di hotel, sampai pertunjukan menarik di berbagai titik di Kota Yogyakarta
Kalau kamu berencana mampir ke Yogkarata di bulan ini, cek dulu beberapa agenda menarik berikut ini di Festival Jogja Heboh dikutip dari tempo kamis7/2

1. Festival 1.000 Angkringan dan Jumputan On The Street
Ini merupakan bagian dari Festival Jogja Heboh yang melibatkan para pengusaha angkringan yang selama ini menjadi ikon jajanan rakyat murah meriah. Acara ini dipadukan dengan pameran batik dan bertempat di Kampung Tahunan Kota Yogyakarta, tepatnya di sepanjang jalan Kali Manunggal. Festival 1.000 angkringan dan Jumputan On The Street ini berlangsung pada Sabtu – Minggu, 9 – 10 Februari 2019.

2.Malioboro Fashion Show 1.000 Sarong
Pada Minggu, 10 Februari 2019 ada acara Fashion Show 1.000 Sarong di sepanjang jalan Malioboro mulai pukul 15.00 sampai 18.00 WIB. Acara yang dimeriahkan sekitar 500 pengisi acara ini akan mempresentasikan berbagai gaya sarung atau sarong style untuk memecahkan rekor MURI. Acara ini diadakan untuk mengangkat citra sarung ke tingkat yang lebih tinggi agar bisa dibawa ke pasar global.

3. Sarkemfest
Nama Sarkem atau Pasar Kembang Yogyakarta selama ini kerap diidentikan dengan prostitusi. Padahal anggapan itu tak seluruhnya benar. Di kampung Sarkem, banyak potensi budaya yang menarik dicermati. Sebab itu, pada Kamis, 14 Februari 2019, bersamaan hari Valentine, bakal ada banyak acara Jogja Heboh di kawasan ini.

Sarkemfest akan menampilkan Sarkem dalam wajah baru yang memiliki Ruang Tampil, Pamer, dan Jual. Ada pula Ruang Advokasi, Ruang Diskusi, Belajar, Laboratorium Seni dan Sosial Budaya. Dalam kegiatan Sarkemfest ini, ada event bernama Pasar Bungah yang di dalamnya menjual, memamerkan, menampilkan karya seni budaya dari penduduk sekitar, organisasi pendamping, organisasi lingkungan hidup, organisasi pencinta binatang, dan seniman.

Ada pula pameran mural dan pameran museum Sarkem. Siang harinya ada pembukaan bersama group musik Etawa Jazz diiringi tarian Ainun Nais, Kustantina Mutiaraningrum, Nelita Elfira, dan Lariska Febty Triyaninda. Tak ketinggalan pertunjukkan teater, sastra, dan pertunjukan seni, seperti keroncong, tari, dan musik angklung.

4. Festival Kopi
Festival kopi Jogja Heboh akan menghadirkan sejumlah petani dan produk kopi dari sejumlah kota di Indonesia. Festival Kopi akan memberikan materi khusus meracik kopi dan uji coba rasanya. Festival diadakan pada Kamis, 28 Februari 2019 di Alun-alun Utara Yogya.

Baca juga: Festival Jogja Heboh, Waktunya Berburu Kain di Toko Kain Kiloan

ADVERTISEMENT

5. Prawirotaman Carnival
Prawirotaman Yogya diidentik dengan kampung turis di Yogyakarta. Situasi ini pun turut digarap dalam Jogja Heboh dengan menggelar perhelatan selama Sabtu – Minggu, 16 – 17 Februari 2019. Kegiatan di kampung wisata ini cukup beragam, mulai dari pertunjukan musik tradisional, musik modern, seni tari sampai seni rupa. Bersama
acara ini akan digelar bazar kuliner dan berbagai suvenir etnik.

6. Color Run
Setidaknya ada dua agenda lari yang digelar di Jogja Heboh pada Minggu, 17 Februari 2019. Di Alun Alun Utara Yogyakarta pada pagi hari dan di kawasan Pantai Glagah bertajuk Coast To Coast pada malam harinya. Untuk acara color run tidak disertai perhitungan waktu lari, namun pelari wajib menggunakan kaos putih dan pada tahapan finish akan ditaburi bubuk aneka warna. Di setiap kilometer peserta akan disambut dengan bubuk warna warni.

7. Kenduri Bakpia
Menjelang penutupan Jogja Heboh, akan ada atraksi budaya bertajuk kenduri Bakpia yang dilaksanakan pada Kamis, 28 Februari 2019. Bakpia berdiameter terbesar akan diarak di Alu Alun Utara Yogyakarta dan didaftarkan dalam rekor MURI. (wan/temp)

Comment

News Feed