by

Ingin Mudik Lebaran Nyaman, Perhatikan Empat Hal Ini

Surabaya – Ketika perayaan lebaran dan Hari Raya Idul Fitri, mudik ke kampung halaman menjadi salah satu momen yang paling dinantikan masyarakat Indonesia.
Beberapa momen yang selalu dinantikan saat mudik lebaran diantaranya bertemu dengan keluarga besar di kampung dan reunian dengan teman-teman lama hingga mencicipi makanan khas masa kecil.

Momen satu kali dalam setahun ini tentunya harus dipersiapkan lebih matang agar perjalanan mudik berjalan dengan aman dan nyaman. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal buruk atau kurang menyenangkan saat mudik lebaran, penting sekali memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Beli Tiket Mudik

Ketika Anda memiliki rencana mudik lebaran, hal pertama yang harus segera dilakukan adalah secepatnya memesan tiket transportasi, apakah itu tiket pesawat, kereta api, maupun bus. Jika membeli tiket secara dadakan apalagi sudah masuk puasa Ramadan, setidaknya ada dua hal yang tidak menyenangkan bakal Anda alami.

Pertama, Anda bisa kehabisan tiket transportasi umum. Kalau sudah seperti ini Anda terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi. Jika, tidak memiliki kendaraan pribadi, maka Anda harus rela berkorban keluar bujet lebih banyak untuk sewa mobil dan sopir demi bisa mudik lebaran.

Kedua, Anda mungkin masih beruntung menemukan tiket yang tersedia. Namun, harga yang ditawarkan pasti akan lebih mahal. Pasalnya, sudah menjadi pemahaman umum jika harga tiket akan menjadi semakin mahal menjelang tanggal keberangkatan, apalagi sudah bulan Ramadan. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari hal ini untuk lebih menghemat bujet.

2. Beli Tiket Mudik di Calo

Hindari pembelian tiket di calo. Ada beberapa kerugian yang bisa Anda alami jika membeli tiket di calo. Salah satunya, Anda bisa mendapat harga yang lebih mahal. Para calo biasanya mematok harga tiket yang lebih mahal dibanding agen-agen travel sebagai tambahan “ongkos jasa” mereka.

Selain harga tiket yang jauh lebih mahal,tiket yang dijual juga kerap kurang terjamin keasliannya. Seperti yang diketahui, peredaran tiket palsu biasanya meningkat menjelang momen mudik libur Lebaran dan kerap beredar melalui tangan para calo tersebut.

3. Barang Bawaan Terlalu Banyak

Untuk menghindari risiko-risiko terjadinya hal yang tak diinginkan, ada baiknya Anda membawa barang bawaan yang tak terlalu banyak. Saat menggunakan transportasi, membawa satu tas punggung dan satu tas besar rasanya sudah cukup agar dapat mengawasi barang bawaan dengan baik.

Jika memang ingin membawa sesuatu dari kota ke kampung halaman, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jasa ekspedisi barang. Selain lebih aman, Anda juga tak akan kerepotan membawa barang yang terlalu banyak.

4. Lupa bayar tagihan listrik

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan Anda meninggalkan rumah dalam keamanan aman dan baik, termasuk tidak lupa membayar tagihan listrik. Sebab jika saldo listrik Anda minim atau bahwa sudah lewat jatuh tempo pembayaran, tentunya kerugian yang Anda dapatkan.

Comment

News Feed