by

Hutan Kibitay jadi objek wisata andalan Pemkot Sukabumi

 

Sukabumi, yukpigi.com – Hutan Kibitay yang berada di Kelurahan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat, dijadikan sebagai objek wisata andalan oleh Pemerintah Kota Sukabumi di tengah minimnya objek wisata alam di daerah tersebut.

“Hutan Kibitay ini menjadi objek wisata terpadu dengan beberapa titik wisata lain yang ada di Kelurahan/Kecamatan Baros dan Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu,” kata Kepala Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi Sony Hermanto di Sukabumi, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan menyulap hutan yang berada di Kecamatan Lembursitu ini sehingga bisa mempunyai daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Hutan Kibitay. Keberadaan hutan ini ditetapkan melalui Keputusan Wali Kota Sukabumi Nomor 209 Tahun 2009.

Menurutnya, Kota Sukabumi memang minim objek wisata alam karena hanya ada beberapa titik seperti Hutan Kibitay dan pemandian air panas Cikundul. Karena itu, pihaknya berusaha menggali potensi wisata untuk menarik wisatawan untuk datang ke kota mochi ini.

“Kami akan optimalkan keberadaan Hutan Kibitay ini agar bisa lebih menarik dan spesial yang tentunya tidak merusak fungsi hutan ini. Ada beberapa konsep yang sedang dikerjakan di antaranya penataan spot foto, arena rekreasi flying fox dan lainnya,” tambahnya.

Sony mengatakan bahwa penataan objek wisata yang bisa dikatakan baru ini harus disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan fisik.

Sebenarnya hutan ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun tidak termanfaatkan bahkan pengunjung yang datang hanya terkait dukasi. Namun, dengan pengelolaan yang dikolaborasikan dengan wisata, hutan ini bisa dijadikan sebagai wahana wisata edukasi yang bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD). (wan/ant)

Comment

News Feed