by

House of Sampoerna Dukung Pengembangan Karya Seni Jatim

 

Surabaya, yukpigi.com – House of Sampoerna (HoS) akan mendukung pengembangan dunia seni di Jatim. Beberapa even seperti pameran lukisan, batik, hingga foto kerap digelar di Galeri Paviliun Taman Sampoerna No 6 Surabaya.

Manager HoS, Rani Anggraini usai pembukaan pameran foto bertajuk Jeune Création karya Fotografer Prancis, Erell Hemmer dan Rémi Decoster, Kamis (12/4) megungkapkan hingga saat ini, banyak pameran baik tinkat Surabaya maupun Jawa timur yang telah digelar.

Menurutnya banyak kersama dilakukan untuk memajukan dunia seni rupa. ‘Kami melakukan kersama dengan beberapa pihak seperti dengan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW), Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT), dan Pusat Kebudayaan Prancis (IFI).

“Kami juga pernah bekerjasama dengan seniman asal Jepang, komunitas fotografi dan beberapa pelukis Indonseia. Hingga kini hubungan baik tetap kami jalin agar masyarakat bisa mengenal dan mencintai senin,” ungkapnya.

Ia juga berterimakasi kepada Pusat Kebudayaan Prancis, yang sudah kelima kalinya bekerjasama menggelar pameran. Saat ini menurutnya, IFI menggelar pamaran 43 karya foto hasil bidikan dua potografer Prancis 12-27 April 2019. “Terimakasi atas kerjasama yang dilakukan

Dikatakannya, gelaran ini menunjukkan perbedaan cara pandang terhadap kebiasaan yang terjadi di sekitar. “Hal-hal yang dianggap sederhana dapat menjadi sesuatu yang menarik bagi orang lain. Dengan diselenggarakannya pameran ini, diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk semakin peka terhadap adat dan budaya sebagai inspirasi dalam berkarya,” harapnya.

Untuk diketahui, selain geleri, di area HoS juga ada Museum Sampoerna. Dengan bentuk bangunan bergaya kolonial Belanda dengan 4 pilar besar yang bertengger di depan gedung utama. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1862. Saat ini merupakan situs bersejarah yang dilestarikan.

Awalnya bangunan ini merupakan panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Lalu, bangunan ini dibeli oleh Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna pada tahun 1932 dan dijadikan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.

Tidaklah sulit sebenarnya akses menuju House of Sampoerna yang beralamat di Jl Taman Sampoerna 6, Surabaya. Ini karena letaknya yang berada di tengah Kota Surabaya. Walaupun kita harus masuk gang terlebih dahulu, namun sepanjang gang tersebut banyak plakat-plakat penunjuk arah menuju Museum House of Sampoerna.

Di komplek museum ini terdiri dari beberapa gedung. Gedung yang paling besarlah yang dijadikan museum dan dijadikan tempat produksi salah satu merek rokok yaitu Dji Sam Soe. Ada 2 gedung lagi yang tepat berada di samping kanan dan kiri gedung utama.

Gedung sebelah kanan yang dijadikan rumah tinggal Keluarga Sampoerna. Sebelah kiri dijadikan cafe dan tempat galeri seni yang unik. Tepat di samping kanan gedung Auditorium terparkir mobil mewah keluaran Inggris Rolls Royce yang dipergunakan oleh Keluarga Sampoerna.

Kolam ikan melingkar diikuti gemercik air mancur memberikan kesan tenang saat mulai melangkahkan kaki untuk berkeliling-keliling. Di ruangan paling depan terpampang lukisan

Satu lagi, agenda yang ditawarkan di Museum HOS adalah keliling Surabaya gratis yang dikemas dalam acara ‘Surabaya Heritage Track’. Untuk jadwal bus yang mengangkut para wisatawan dimulai pada pukul 09.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB, 15.00-16.00 WIB.

Untuk rute pengunjung bisa berkeliling Kota Tua Surabaya, melewati gedung, tempat-tempat bersejarah yang ada di Surabaya. Semua kegiatan tadi bisa Anda dapatkan secara gratis. (jnr/wan/hjr)

Comment

News Feed