by

Harga Tiket KA ke Berbagai Destinasi Pulau Jawa

Ist.

Jakarta – Kereta api masih menjadi primadona transportasi bagi masyarakat Indonesia saat ingin liburan. Apalagi harga tiket kereta lebih murah ketimbang pesawat.

Tiket kereta api ekonomi tentu jadi pilihan para pelancong sebagai moda transportasi. Hal ini karena harga tiket kereta api ekonomi yang relatif lebih murah, namun berbagai layanannya sudah mumpuni. Tujuan pemberhentian kereta api ekonomi pun relatif lebih banyak ketimbang kelas bisnis maupun eksekutif. Yang paling penting, harga tiket kereta api ekonomi adalah yang paling terjangkau bagi masyarakat.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan di sekitaran Pulau Jawa, berikut daftar lengkap harga tiket kereta terbaru, seperti dilansir dari laman Liputan6:

1.Harga tiket kereta api Surabaya Jakarta

Untuk perjalanan dari Surabaya ke Jakarta atau sebaliknya, Anda bisa menggunakan kereta kelas ekonomi Kertajaya yang berstatus Ekonomi AC. Harga tiket kereta api Surabaya-Jakarta ini sebesar Rp165.000. PT KAI juga menyediakan Jayakarta Premium yang merupakan versi eksekutif dari Kertajaya, di mana harga tiket kereta api jayakarta Premium ini sebesar Rp270.000 hingga Rp300.000.

Alternatif lain ada kereta ekonomi Gaya Baru Malam Selatan yang lebih murah dari Kertajaya. Harga kereta api Gaya Baru Malam Selatan hanya sebesar Rp104.000.

2. Harga tiket kereta api Malang-Yogya

Untuk menempuh perjalanan dari Malang ke Yogya, ada dua alternatif kereta ekonomi yang bisa ditempuh, yakni Malioboro Ekspres serta Malabar. Harga tiket kereta api Malioboro Ekspres kelas Ekonomi dari Malang ke Jogja dibanderol dengan tiga harga sesuai gerbong, yakni Rp140.000, Rp165.000, serta Rp175.000.

Sementara harga tiket kereta api Malabar kelas Ekonomi dari Malang ke Jogja dipatok sebesar Rp190.000.

Harga tiket kereta api Surabaya-Jogja
Ada beberapa alternatif kereta ekonomi yang bisa Anda tempuh untuk melancong dari kota Surabaya ke Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja, dan Anda bisa memilih jam serta harga tiket kereta api yang cocok dengan kondisi Anda. Di antaranya Logawa, Sri Tanjung, Pasundan, Gaya Baru Malam Selatan, serta Sancaka.

Harga tiket kereta api Logawa dipatok sebesar Rp74.000. Harga tiket kereta api Logawa adalah yang paling terjangkau karena mendapat subsidi dari Pemerintah. Selain itu dengan harga kereta api yang terjangkau, Anda sudah mendapat fasilitas AC.

Lalu, harga tiket kereta api Sri Tanjung dipatok sebesar Rp94.000, dan Anda juga sudah mendapat fasilitas AC.

Alternatif lain adalah Pasundan, satu rute jika Anda ingin ke Bandung dari Surabaya. Harga tiket kereta api Pasundan dipatok dengan harga Rp94.000.

Anda juga bisa berangkat ke Jogja dari Surabaya menempuh kereta jalur Jakarta, yakni Gaya Baru Malam Selatan, yang berstatus Ekonomi AC Plus. Harga tiket kereta api Gaya Baru Malam Selatan dari Surabaya ke Jogja dipatok sebesar Rp104.000.

Alternatif terakhir adalah Sancaka, yang merupakan kereta api kelas campuran termasuk Ekonomi AC. Harga tiket kereta api Sancaka dari Surabaya ke Yogya dipatok sebesar Rp155.000.

3.Harga tiket kereta api Surabaya-Malang

Kereta Ekonomi paling populer jika Anda melancong dari Surabaya ke Malang atau sebaliknya, adalah kereta api Penataran. Sangat terjangkau, harga tiket kereta api Penataran dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya hanya dipatok Rp12.000 saja.

Opsi lain adalah dengan menggunakan kereta api Jayabaya. Harga tiket kereta api Jayabaya dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya dipatok seharga Rp45.000.

4.Harga tiket kereta api Kediri-Yogya

Ada beberapa pilihan jika Anda ingin bepergian dengan kereta api Ekonomi dari Kediri ke kota Yogyakarta. Di antaranya kereta api Kahuripan, Malioboro Ekspres, Singasari, serta Malabar.

Paling terjangkau tentu Kahuripan yang punya rute dari Blitar ke Bandung. Harga tiket kereta api Kahuripan dari Kediri ke Yogya dibanderol seharga Rp84.000.

Opsi selanjutnya adalah Malioboro Ekspres yang memiliki rute dari Malang ke Yogya. Harga tiket kereta api Malioboro Ekspres dari Kediri ke Jogja dipatok seharga Rp140.000 hingga Rp175.000 tergantung jam keberangkatan.

Pilihan selanjutnya adalah kereta api Singasari yang merupakan kereta api Ekonomi AC Plus. Harga tiket kereta api Singasari dari Kediri ke Yogya dipatok seharga Rp155.000.

Opsi terakhir adalah kereta Api Malabar yang merupakan kereta api kelas campuran dengan rute Malang Bandung. Harga tiket kereta api Malabar dari Kediri ke jogja dibanderol dengan harga Rp190.000.

5. Harga tiket kereta api Surabaya-Madiun

Ada banyak pilihan kereta ekonomi jika Anda ingin bepergian dari Kota Surabaya ke kota Madiun. Meski di kelas Ekonomi, harga tiket kereta api dengan rute tersebut pun dapat dipilih dari harga yang cukup murah ke yang agak mahal sesuai jadwal berangkat dan layanannya.

Opsi paling terjangkau adalah kereta api Pasundan yang satu rute jika Anda ingin ke Bandung dari Surabaya. Harga tiket kereta api Pasundan dipatok dengan harga Rp94.000.

Sama terjangkaunya dengan Pasundan namun punya jadwal keberangkatan siang adalah kereta api Sri Tanjung. Harga tiket kereta api Sri Tanjung dipatok dengan harga Rp94.000 dan sudah mendapat fasilitas AC.

Opsi selanjutnya adalah gaya Baru Malam Selatan. Harga tiket kereta api Gaya Baru Malam Selatan jurusan Surabaya ke Madiun, dipatok dengan harga Rp104.000.

Alternatif selanjutnya adalah Sancaka, yang merupakan kereta api kelas campuran termasuk Ekonomi AC. Harga tiket kereta api Sancaka dari Surabaya ke Madiun dipatok sebesar Rp120.000.

Alternatif terbaik dan termahal adalah Jayakarta Premium yang merupakan kereta api Ekonomi AC Premium. Harga tiket kereta api Jayakarta Premium jurusan Surabaya Madiun dipatok sebesar Rp165.000.

6. Harga tiket kereta api Malang-Blitar

Opsi populer untuk berangkat dari Malang ke Blitar adalah dengan menggunakan kereta ekonomi Penataran. Harga tiket kereta api Penataran jurusan Malang Blitar dipatok seharga Rp12.000.

7. Harga tiket kereta api Jember Surabaya

Ada beberapa alternatif perjalanan menggunakan kereta api ekonomi jika melancong dari Jember ke Surabaya. Di antaranya adalah kereta api Probowangi, Logawa, Sri Tanjung, serta Mutiara Timur Siang.

Opsi termurah untuk bepergian dari Jember ke Surabaya adalah dengan menggunakan kereta api Probowangi, yang merupakan kelas Ekonomi AC. Harga tiket kereta api Probowangi dari Jember ke Surabaya dipatok seharga Rp56.000.

Opsi selanjutnya adalah Logawa. Harga tiket kereta api Logawa dipatok sebesar Rp74.000. Harga tiket kereta api Logawa ini mendapat subsidi Pemerintah dan Anda dapat fasilitas AC.

Alternatif lain yang bisa dipilih adalah Sri Tanjung. Harga tiket kereta api Sri Tanjung dari jember ke Surabaya dipatok sebesar Rp94.000, dan Anda juga sudah mendapat fasilitas AC.

Opsi terakhir sekaligus opsi paling mahal adalah Mutiara Timur Siang, yang merupakan kereta api kelas campuran. Harga tiket Mutiara Timur Siang dari Jember ke Surabaya dipatok seharga Rp115.000.

8. Harga tiket kereta api Malang-Jakarta

Untuk bepergian dari Malang ke Jakarta dengan kelas kereta kelas Ekonomi, ada tiga opsi yang bisa dipilih, yakni kereta Api Matarmaja, Jayabaya, serta Majapahit.

Kereta api Matarmaja adalah yang paling murah dan jadi pilihan populer bagi masyarakat yang akan berangkat ke Ibukota dari Malang. Harga tiket kereta api Matarmaja dipatok sebesar Rp109.000.

Opsi kedua adalah Jayabaya. Harga tiket kereta api Jayabaya memiliki batas bawah Rp200.000, dan batas atas Rp400.000. Jika tidak di musim mudik atau liburan, kira-kira Anda akan kena tarif Rp260.000.

Opsi terakhir adalah Majapahit yang merupakan kereta Ekonomi AC Plus. Harga tiket kereta api Majapahit memiliki batas bawah Rp220.000, dan batas atas Rp345.000. Jika tidak di musim mudik atau liburan, kira-kira Anda akan kena tarif Rp260.000.

Comment

News Feed