by

Gunung Merapi Batuk-batuk, Jip Wisata ‘Volcano Tour’ Tetap Beroperasi

Sleman – Status Gunung Merapi telah ditingkatkan menjadi waspada, meski demikian jip wisata “Volcano Tour” di objek wisata Kaliurang Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tetap melayani wisatawan. Jalur yang digunakan menggunakan kawasan radius aman.

“Memang saat ini sudah tidak ada aktivitas wisata pada radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Namun masih tetap ada aktivitas wisata di luar radius tersebut,” kata Ketua Paguyuban Jeep Wisata Merapi Wilayah Barat Dardiri di Sleman, seperti dilansir dari Republika.

Ia lantas menjelaskan untuk jip wisata Lava Tour Merapi hanya melewati rute tertentu dan tidak sampai radius tiga kilometer dari puncak.

“Jip wisata Lava Tour tetap beroperasi, hanya saja tidak sampai bungker di Kaliadem, Kepuharjo yang berjarak kurang dari tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi,” imbuhnya.

Dia mengatakan wisatawan jip wisata “Lava Tour Merapi” diarahkan hanya sampai Museum Sisa Hartaku dan Batu Alien, setelah itu manuver air di aliran Sungai Kuning.

“Adanya erupsi freatik dan naiknya level status Gunung Merapi menjadi waspada, memang jumlah wisatawan menjadi turun drastis. Namun, penurunan wisatawan bukan hanya karena erupsi Merapi, tetapi juga karena memasuki Bulan Puasa,” simpulnya.

Comment

News Feed