by

Genjot Sektor Wisata Budaya, ASPPI DIY gelar JITEX 2019

Yogyakarta, yukpigi.com -Terus genjot kunjungan wisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Yogyakarta selenggarakan Table Top, Jogja Istimewa Travel Exchange (JITEX) 2019 dengan tema The Harmony Clulture and Tourism
Event yang dilaksanakan di Ballroom Sahid Hotel Yogyakarta, dari minggu 10 – 13 maret ini mempertemukan para pemilik agen perjalanan (Buyers) diseluruh Indonesia dan luar negeri.
Ketua DPD ASPPI Yogyakarta Hari Rachmadi mengatakan event ini menjawab pertanyaan dari Wisatawan tentang Deversifikasi Produk Destinasi di Yogyakarta.” Dikarenakan setiap event JITEX akan selalu memberikan destinasi Baru untuk di arrange menjadi Paket Wisata. ” ujarnya rabu 13/3
Sementara ketua Panitia penyelenggara Jogja Istimewa Travel Exchange Lilin Yuniastuti mengatakan event ini diharapkan memberikan pandangan baru kepada para Buyers atau agen perjalanan wisata tentang destinasi wisata baru di Indonesia dan Yogyakarta.
“Kita mempertemukan para insan pariwisata dalam maupun luar negeri agar mereka dapat membangun bisnis dan sekaligus promosikan destinasi wisata di DIY,” ujarnya.
Tema The Harmony of Culture and Tourism, JITEX yang digelar untuk ke tiga kalinya ini Lilin mengaku sengaja ingin mengedepankan kebudayaan Jawa khususnya Yogyakarta.
“Yogyakarta merupakan kota budaya, dimana sektor ekonomi pariwisata bisa selaras dengan budaya. Kita ingin mengangkat bahwa Yogyakarta memiliki sesuatu yang lain dan lebih untuk dikenalkan kepada pelaku wisata baik Nasional maupun Internasional,” ujarnya
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih mengatakan JITEX merupakan salahsatu kegiatan yang dapat membantu meningkatkan pariwisata di Kabupaten Sleman.
“Pemkab Sleman sangat mendukung agenda ini karena pada sektor pariwisata semua pihak harus saling bersinergi satu sama lain, tidak hanya pemerintah semua saling berkait,” katanaya
Sudarningsih juga berharap dengan diadakannya JITEX 2019 ini dapat meningkatkan lenght of stay dan spending of money bagi Sleman dimana saat ini hanya menyentuh dibawah 3%.
Sementara JITEX tahun ini diikuti kurang lebih 130 buyers yang berasal dari dalam negeri diantaranya Bali, Lombok, Medan, Labuhan Bajo, Medan, Belitung, Jakarta dan Bandung. Sedangkan untuk luar negeri JITEX melibatkan dari negara Malaysia, Korea dan Thailand.
Pada kegiatan ini juga akan diadakan Fam Trip bagi seluruh peserta dan buyers, dimana mereka akan diajak untuk melihat tujuan wisata baru yang ada di DIY. Dengan harapan agar mereka dapat juga mengajak para tamu-tamunya untuk berkunjung ke Yogyakarta. (wan)

Comment

News Feed