by

Etika yang Harus Diperhatikan Saat Plesir ke Negara Lain

-berita-201 views
Wisatawan di Pulau Bali. (Ist)

Jakarta – Tak kenal maka tak sayang, kira-kira perumpamaan tersebut yang tepat menggambarkan etika berwisata di suatu negara. Masing-masing negara memiliki budaya yang berbeda, pada akhirnya memengaruhi pola pikir dan perilaku.

Di negara asal wisatawan mengucapkan atau menggerakan bagian tubuh tertentu mungkin dianggap biasa. Namun di negara-negara ini, tampak jadi tak biasa. Lebih parahnya, dapat menyinggung warga lokal karena dianggap tidak sopan.

Untuk itu penting mengetahui bahasa dasar, baik untuk verbal non verbal saat berkunjung ke sebuah negara, seperti berikut ini:

1. Korea

Jika sedang flu dan pilek, lebih baik meminta izin membersihkan ingus ke kamar mandi. Sebab membuang ingus di tempat umum dianggap sangat tidak sopan di Korea, terutama saat makan.

2. Argentina

Jangan kaget jika ke Argentina, warga lokal akan menyambut dengan ciuman di pipi. Ciuman di pipi dianggap normal di sana, bahkan sesama pria.

3. India

Sama seperti di Indonesia, di India wajar menyantap makanan tradisional dengan tangan langsung tanpa alat makan. Perhatikan untuk menggunakan tangan kanan saja, karena tangan kiri dianggap tidak higienis.

4. Vietnam

Jangan pernah menujukkan telapak kaki kepada orang lain atau ke gambar yang dianggap suci saat di Vietnam, karena dianggap sangat tidak sopan.

5. Italia

Jika memang sebuah hidangan memerlukan keju tabur, maka keju tersebut akan dihidangkan di mangkuk. Jika tidak ada keju tabur di mangkuk, lebih baik jangan meminta. Sebab hal ini dapat menyinggung koki yang memasak hidangan.

6. Dubai

Mirip dengan di Indonesia, public display affection atau bermesraan di tempat umum dianggap tidak sopan di Dubai.

7. Jepang

Tato diasosiakan dengan geng yakuza. Jangan heran saat di Jepang, orang bertato juga tidak boleh mandi di pemandian onsen umum.

8. Perancis

Menyapa pramuniaga di toko atau di kafe dianggap hal yang sopan dan lumrah dilakukan di Perancis.

9. Nepal

Menunjuk suatu barang atau tempat menggunakan jari dianggap tidak sopan, gunakan dagu dalih alih jari.

10. China

Menghabiskan semua yang disajikan oleh tuan rumah dianggap menyinggung, menandakan tuan rumah tidak menyajikan makanan yang cukup.

(kc)

Comment

News Feed