by

Eksotisnya Pantai Kutang di Lamongan

Lamongan – Saat awal mendengar namanya terkesan jorok, yakni Pantai Kutang Kabupaten Lamongan. Kutang dalam pengertian masyarakat lokal atau bahasa Jawa berarti pelindung payudara atau bra.

Tidak ditemukan sumber pasti tentang asal-usul nama Pantai Kutang. Tetapi memang berkembang luas, cerita penamaan pantai tersebut bersumber dari daleman para perempuan itu.

Penamaan tersebut berkembang dari mulut ke mulut dan sudah meluas digunakan sebagai nama daerah di ujung Dusun Kenthong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Terdapat dua versi tentang asal-usul istilah Pantai Kutang, salah satunya berawal tempat tersebut menjadi pembuangan kutang oleh penduduk setempat. Para nelayan setempat kerap menemukan kutang yang kemudian disampirkan di akar-akar pepohonan bakau.

Pantai Kutang terdiri dari hamparan pasir dan bebatuan yang dalam kondisi pasang akan tenggelam. Sementara sepanjang bibir pantai ditumbuhi oleh hutan bakau yang akarnya banyak menjulang.

Para pengunjung bisa bermain di hamparan pasir yang luas, selain bisa bergelayutan di akar-akar bakau. Aktivitas para petambak yang sedang memproduksi garam atau merawat ikan menambah keindahan.

Ada banyak tumbuhan bakau, mangrove, pepohonan besar. Termasuk pasir putih yang masih bercampur lumpur dan juga bedahan pasir memanjang yang membentuk kali kecil sebagai aliran air dari dataran tinggi yang mengalir ke laut.

Nah, hamparan pasir yang memanjang itulah dimanfaatkan pengunjung untuk main ayunan yang hanya mengandalkan tambang yang diikat di atas pohon besar. (mer/kc)

Comment

News Feed