by

Dumbo, Bayi Gajah Penghuni Baru Kebun Binatang Surabaya

-berita-147 views

Surabaya – Kebun Binatang Surabaya (KBS) mendapatkan kado terindah saat memasuki usia 103 tahun. Kebun Binatang Surabaya mendapatkan anggota keluarga baru yaitu Gajah Sumatra.

Kehadiran bayi gajah ini menambah anggota keluarga baru di Kebun Binatang Surabaya dalam waktu tiga bulan. Sebelumnya di Kebun Binatang Surabaya ada kelahiran onta dan watusi.

Bayi Gajah Sumatra ini lahir pada Senin, 22 Juli 2019 pukul 21.45 WIB dengan berjenis kelamin jantan. Bayi gajah tersebut lahir secara normal dan selamat dengan berat badan 122 kilogram, tinggi badan 88 cm dan lingkar dana 118 sentimeter di Kebun Binatang Surabaya.

Dumbo merupakan adik dari Gonzales (8), hasil perkawinan dari indukan gajah betina yang bernama Lembang (47) dan induk jantan yang bernama Doa (52).

Proses awal perkawinan mereka berlangsung pada November 2017. Dengan lahirnya bayi Gajah Sumatera ini, maka koleksi Gajah Sumatera yang ada di Kebun Binatang Surabaya menjadi enam ekor.

Kabar gembira tersebut pun mendapatkan sambutan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Wali Kota Risma memberikan nama kepada bayi gajah tersebut.

“Saya kasih nama bayi gajah ini Dumbo, yang beri nama itu Gwen (cucu wali kota),” ujarnya, belum lama ini.

Dibalik pemberian nama ‘Dumbo’ pada bayi gajah yang baru lahir itu, ternyata ada kisah legenda yang menarik. Menurut Risma, Dumbo merupakan cerita legenda gajah kecil yang ditinggal mati oleh kedua induknya. Karena gajah itu pintar menempatkan diri, sehingga Dumbo ini disukai oleh sekelilingnya dan dijadikan raja di lingkungannya.(lp6)

Comment

News Feed