by

Doesoen Kokoa Banyuwangi, Penghasil Coklat Terenak di Dunia

Banyuwangi – Kebun Coklat Banyuwangi atau Doesoen Kokoa Banyuwangi, tempat wisata di Banyuwangi yang cocok bagi pencinta coklat. Di sini pengunjung bisa menikmati aneka olahan coklat dengan puas sambil menikmati sejuknya suasana perkebunan.

Kebun Coklat Banyuwangi konon jadi salah satu penghasil coklat terenak di dunia
Kebun Coklat Banyuwangi sendiri merupakan tempat terbaik menikmati coklat Glenmore yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Bahkan coklat Glenmore hasil Kebun Coklat Banyuwangi ini telah dieskpor ke berbagai negara seperti Jepang, Jerman, Perancis, Italia, Amerika, Malaysia dan Singapura.

Glenmore merupakan sebuah kawasan perkebunan yang memiliki hawa sejuk. Nama ini konon berasal dari kata “glen” yang menggambarkan daerah berkontur dengan hawa yang sejuk. “More” lebih menggambarkan tentang kondisi daerah yang memiliki kontur lebih banyak dibanding daerah di sekitarnya. Versi lain menyebutkan kalau nama Glenmore berasal dari seorang bangsawan Skotlandia yaitu Ros Taylor.

Nama Glenmore ternyata juga banyak digunakan di Skotlandia, nama ini mengacu pada daerah dengan kontur perbukitan. Kawasan Glenmore di Doesoen Kakao Banyuwangi ini ternyata terkenal sebagai penghasil coklat Glenmore yang memiliki kualitas terbaik di dunia.

Rasa coklat Glenmore ini cukup unik dan berbeda dari karakteristik coklat daerah lain. Coklat dari Kebun Coklat Banyuwangi ini memiliki rasa yang lebih cenderung asam seperti buah-buahan,mirip seperti kismis. Namun untuk after taste-nya justru menghasilkan rasa madu.

Ada dua jenis coklat Glenmore yang dibudidayakan di Kebun Coklat Banyuwangi yaitu edel dan bulk. Varian Edel adalah jenis coklat yang berkualitas dunia dan menjadi jenis yang diekspor.

Di Kebun Coklat Banyuwangi tepatnya di Doesoen Kakao ini masyarakatnya mulai mengolah coklat menjadi berbagai menu makanan. Misalnya pisang crispy topping cokelat, minuman cokelat panas, permen cokelat, dan masih banyak lagi.

Tak hanya menikmati berbagai menu makanan berbahan coklat langsung di area perkebunan, para pasangan yang datang ke Doesoen Kakao juga bisa berkeliling dengan shuttle car sambil mempelajari budidaya kakao yang merupakan bahan baku coklat. Mulai dari proses pembibitan hingga panen serta pengolahannya.(pni)

Comment

News Feed