by

Dinas PMD Jatim Bina BUMDes dan UMKM Melalui Kampung Kreasi

-berita-2,326 views

 

Surabaya, yukpigi.com – Guna mewujudkan dan melaksanakan program Jatim berdaya yang merupakan bagian dari Nawa Bhakti Satya Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jatim terus melakukan pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jatim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jatim, M Yasin mengatakan, kegiatan Kampung Kreasi Produk Unggulan Jawa Timur 2019 merupakan salah satu upaya nyata dari Dinas PMD. Dimana Melalui kegiatan ini mencoba untuk memasarkan produk-produk yang selama ini dibina untuk dikenalkan pada pasar dunia nyata.

“Acara di Royal Plaza Surabaya beberapa waktu lalu itu adalah dunia nyata, pusat dari pemasaran semua produk. Harapan kami, para UMKM Desa bisa mengukur sekaligus menguji seberapa besar kemampuan dan kualitas produk yang dimilikinya untuk bisa dikenal di pasaran,”ujar M. Yasin dikonfirmasi di kantornya, Jumat (17/5).

Maka itu ia berharap, kampung kreasi tersebut bisa terus diadakan setiap tahun. Pihaknya berkomitmen ke depan akan ditingkatkan kualitasnya, baik dari sisi jumlah stand maupun produk yang akan ditampilkan. “Harapan kita memang Kampung Kreasi dapat memberi manfaat bagi teman-teman usaha mikro kecil menengah dan teman-teman badan usaha milik desa,” tegasnya.

Yasin juga memastikan, Kampung Kreasi yang merupakan ajang tahunan itu bisa menjadi testing pasar. “Ternyata sungguh luar biasa. Transaksinya meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Bahkan, banyak UMKM yang balik pulang mengambil barang lagi karena banyaknya permintaan dari konsumen. Event-event seperti itu ternyata bagus menumbuhkan motivasi bahwa mereka bisa bersaing ke pasar. Ke depan, kami akan lakukan pembinaan dan inventarisir lagi produk yang diminati oleh pasar. Kami juga melakukan bimbingan teknis kewirausahaan dan perbaikan produk,” pungkasnya. (wan/jnr)

Comment

News Feed