by

Di Tanjakan Mala Cianjur, kini jadi lokasi baru swafoto warga

Cianjur, yukpigi.com – Tanjakan Mala dengan jaring baja hijau penahan longsor di Kecamatan Naringgul, Cianjur, Jawa Barat, menjadi lokasi baru swafoto baru bagi warga terutama pemudik yang melintas dari arah Cianjur menuju Bandung atau sebaliknya.

Tidak jauh dari lokasi tebing berselimut jaring itu, terdapat Wanawisata Gunung Pambeasan yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari lokasi itu. Sejumlah warga menilai lokasi itu cocok menjadi tempat berisitirahat pemudik sebelum melanjutkan perjalanan.

Tanjakan Mala yang selama ini dikenal sebagai kawasan yang rawan bencana alam, kecelakaan dan kriminal itu, sejak beberapa bulan terakhir menjadi lokasi beristirahat pengguna jalan.

Meskipun hanya untuk berswafoto atau beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan Cianjur menuju Kabupaten Bandung atau sebaliknya, pemudik disuguhi pemandangan alam yang asri.

Jajang kordinator pengelola Wanawisata Gunung Pambeasan saat dihubungi Minggu, mengatakan di lokasi terdapat beberapa pondokan atau saung dari kayu yang dapat digunakan pemudik untuk melepas lelah.

Dari lokasi saung, pemudik atau wisatawan dapat menikmati pemandangan yang terkesan mengelilingi kecamatan paling ujung Cianjur itu. Ketika sore menjelang malam, pemudik dapat menyaksikan matahari yang mulai terbenam.

“Mungkin ini tahun pertama musim mudik Kecamatan Naringgul memiliki dua tempat favorit yang dapat disinggahi. Tahun lalu Tanjakan Mala masih terkenal sebagai lokasi angker dan rawan bencana,” katanya.

Namun tahun 2019 ini, tutur dia, pemudik yang diperkirakan mulai memadati jalur selatan Cianjur, dua pekan ke depan akan mendapat pemandangan yang menarik saat menuju kampung halamannya di wilayah selatan Jawa Barat seperti Garut dan Tasikmalaya.

Tidak hanya Tanjakan Mala, tambah dia, sejumlah destinasi wisata baru bernuansa air terjun akan dibuka pada hari H lebaran, sehingga perantau yang menghabiskan liburan dapat mengunjungi beberapa air terjun yang dikelola pihak desa di Kecamatan Naringgul.

“Kecamatan Naringgul sekarang juga dikenal sebagai kecamatan ‘seribu curug’ karena banyak curug seperti Dendeng, Curug Taraje, Curug Batu Ngomong, Curug Ceret dan Curug Tutugan,” katanya.

Sedangkan untuk pemudik dari arah Bandung dengan tujuan kecamatan lain di selatan, dapat menikmati wisata bahari di tiga kecamatan lainnya seperti Pantai Jayanti di Kecamatan Cidaun, Pantai Apra di Sidangbarang dan Pantai Lugina di Kecamatan Agrabinta. (wan/ant)

Comment

News Feed