by

Di Pacitan ada Festival Ronthek Sajikan Tradisi Menabuh Kentongan

Pacitan,yukpigi.com – Pacitan merupakan salah satu kabupaten di pesisir selatan Jawa yang memiliki ragam pesona alam dan budaya yang unik. Semuanya itu tersaji dalam Festival Ronthek 2019 yang digelar pada 12-14 September ini.
Ronthek sendiri sejatinya adalah tradisi membangunkan sahur pada saat Ramadhan. Tradisi ini begitu khas dengan suara kentongan bambu dengan irama dan nada tertentu.
Selain itu, para warga juga bakal membawakan lagu lagu Jawa dengan diiringi dipadukan berbagai alat musik gamelan.
Bupati Pacitan Indartato menyampaikan, pemerintah memang fokus dengan kesenian yang satu ini.“Tidak sekadar menghibur masyarakat, seluruh elemen masyarakat Pacitan berharap kesenian Ronthek ini mampu menjadi Ikon Kabupaten Pacitan,” katanya baru-baru ini.
Festival tahunan andalan dari Kabupaten Pacitan ini bakal menghadirkan 36 tim Ronthek yang terdiri dari seluruh Desa di wilayah Pacitan.
Selama tiga hari, mereka bakal berpawai menyajikan arasemen musik khas dari kentongan Ronthek dipadukan berbagai tari tarian yang mampu menarik perhatian para penonton.
Setiap grup Ronthek ini juga bakal membawakan sebuah jalan cerita tertentu seperti sejarah, legenda maupun keseharian masyarakat dalam penampilannya.
Seakan tak ingin kalah dengan berbagai pawai populer lainnya, para peserta juga menampilkan berbagai busana dan kostum unik dan melengkapi penampilan mereka dengan berbagai properti seperti mobil hias dengan anekaragam lampu dan bentuk yang sangat mewah.
Festival yang sudah digelar sejak tahun 2011 silam ini akan mulai menghibur masyarakat Pacitan pada 12-14 september 2019 dari pukul 19.00 WIB. Setiap harinya terdapat 12 grup yang bakal tampil di sepanjang jalan protokol Kota Pacitan memainkan musik Ronthek dengan gaya mereka.(gn/wan)

Comment

News Feed