by

Destinasi Wisata Pacitan Pilihan Menarik isi Liburan

-destinasi-1,360 views

Yukpigi –Kabupaten Pacitan memiliki destinasi wisata yang banyak menyimpan keindahan alam pantainya yang menjadikan kawasan tempat-tempat wisata di Pacitan ini menjadi dikenal oleh khalayak ramai. Tidaklah heran beberapa objek wisata Pacitan kini menjadi trend di kalangan para pecinta dunia petualang bukan hanya dari lokal namun hingga mancanegara.

Jangan heran bila banyak orang yang memberikan julukan Pacitan ini merupakan surga yang tersembunyi di Pulau Jawa. Bahkan beberapa wisatawan yang hadir di Kabupaten Pacitan ini tidak segan memberikan julukan sebagai kota seribu goa. Pada kesempatan kali ini yuk pigi  akan merangkum destinasi wisata Pacitan yangmenarik dikunjungi saat liburan

Destinasi Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan

Objek wisata Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan. Keisitimewaan destinasi wisata pantai di Pacitan yang satu ini karena lokasinya yang dikenal menyuguhkan pemandangan yang unik dan indah berupa air terjun yang langsung turun ke laut yang banyak mendapat julukan Pantai Banyu Tibo.

Untuk mengetahui air terjun yang berada di bibir pantai Bayu Tibo kita harus menunggu air lautnya agar surut, melalui bibir pantainya yang berbentuk tebing kita dapat air yang berasal dari sungai dapat turun langsung menuju dataran rendah di laut. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, air di tempat tersebut tidak kering sekalipun musim kemarau tiba.

Air terjun ini tidak begitu tinggi sehingga kita bisa menikmati keindahan langsung dari atas air terjun. Dan kita tidak perlu khawatir untuk dapat menaikinya, karena di lokasi sudah disediakan anak tangga untuk menaikinya. Sesampainya di atas kita akan menikmati keindahan hamparan pasir putih di Pantai Banyu Tibo. Setelah sampai di lokasi pastikan diri kita jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan foto selfie dan momen terbaik di objek wisata pantai di Pacitan ini

Destinasi Wisata Pantai Watu Karung Pacitan

Objek wisata Pantai Watu Karung terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur. Salah satu tempat wisata Pacitan terbaik yang menyuguhkan keindahan pantai berpasir putih dipadu dengan keganasan ombak lautan biru yang sudah bertaraf internasional.

Ombak pantai yang di miliki Pantai Watu Karung ini cukup besar dan stabil, konon menurut informasi yang Direktori Wisata terima, kawasan pantai ini sangat cocok untuk melakukan kegiantan olah raga berselancar. Oleh sebab itu banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang berkunjung ke lokasi objek wisata Pacitan ini untuk mencoba bermain selancar.

Informasi dari keterangan pemandu wisata lokal, ombak yang dimiliki oleh objek wisata Pantai Watu Karung di Pacitan ini bisa mencapai ketinggian 4 meter. Dengan ombak yang sangat indah tersebut tak heran peselancar kelas dunia bernama Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di lokasi objek wisata Pacitan ini pada tahun 2009 silam untuk mencoba menaklukan keganasan ombaknya.

Pantai yang dikenal sebagai salah satu detinasi wisata Pacitan, Jawa Timur ini juga memiliki pesona alam yang luar biasa keindahnya dengan air laut yang berwarna biru memikat hati para wisatawan untuk berkunjung di lokasi wisata tersebut. Hamparan pasir yang dimiliki objek wisata Pantai Watu Karung berwarna putih menambah keindahan tersendiri bagi para pecinta wisata.

Destinasi Wisata Pantai Klayar Pacitan

Objek wisata Pantai Klayar yang terletak di Kecamatan Donorojo dan merupakan salah satu destinasi wisata Pacitan terbaru yang menyuguhkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih dan juga gugusan karang yang unik. Di lokasi pantai terdapat sebuah gugusan karang yang bentuknya menyerupai Sphinx seperti yang ada di Mesir. Selain itu, tempat wisata pantai di Pacitan ini juga memiliki sebuah fenomena alam air mancur yang terbentuk secara alami dengan tinggi sekitar sepuluh meter yang dikenal dengan seruling laut yang berada di tempat wisata Pacitan yang lagi trend di kalangan wisatawan.

Kawasan wisata Pantai Klayar Pacitan ini masuk dalam zona pantai laut selatan yang dikenal memiliki gulungan ombak besar yang tidak beraturan dan sangat berbahaya. Maka, apa bila sahabat Direktori Wisata Indonesia berada di pantai wajib mematuhi rambu rambu yang sudah terpasang di sepanjang titik rawan pantai, baik dalam bentuk bendera merah maupun tulisan yang terpampang dilarang mandi dan sejenisnya.

Destinasi Wisata Pantai Srau Pacitan

Objek Wisata Pantai Srau terletak di Desa, Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Jaraknya tempat wisata pantai Pacitan ini tidak terlalu jauh dari jantung pusat kota yang berjarak sekitar dua puluh lima kilometer.Hampir semua objek wisata pantai yang ada di Pacitan memiliki pasir putih dengan ombak yang cukup besar. Tidak terkecuali dengan pantai yang satu ini. Di mana deburan ombaknya yang dapat menjadikan tempat yang pas untuk surfing. Tidak hanya peselancar lokal saja yang sering pamer aksi disini. Wisatawan bule juga banyak yang datang ke pantai Srau hanya untuk sekedar berselancar

Selain ombak besar dan pasir putih lembut yang begitu menggoda, daya tarik lainnya dari pantai Srau adalah keberadaan bukit-bukit karang yang memperindah pemandangan pantai. Jika air sedang surut kita juga bisa berjalan menuju batu-batu karang untuk mencari spot terbaik untuk mengabadikan foto-foto indah.

Pantai Srau memiliki keunikan yang tidak akan ditemukan di tempat wisata Pacitan lainnya. Pantai Srau memiliki tiga jenis pantai yang berbeda. Pantai pertama memiliki pasir putih yang cantik khas pantai di pesisir selatan. Pantai kedua berupa pantai dengan pasir yang bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan batu karang. Sedangkan, pantai ketiga terdiri dari gugusan karang yang bisa menjadi tempat duduk untuk pengunjungnya dapat menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari.

Destinasi wisata Pantai Buyutan Pacitan

Objek wisata Pantai Buyutan yang berlokasi di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan memiliki keindahan yang luar biasa sempurna. Panta Buyutan memiliki pasir yang berwarna putih yang lembut dan berkilauan dengan cantik ketika tertimpa cahaya matahari. Selain itu, lautannya yang berwarna biru dengan gugusan karang besar di tengah. Setiap pengunjung Pantai Buyutan yang hadir bisa bermain sepuasnya di bibir pantai mau pun di lautannya. Pantai Buyutan benar-benar menjadi objek fotografi yang sempurna.

Pantai ini termasuk dalam kawasan wisata Pacitan yang masih baru dan terlihat sangat alami dan bersih. Bagi beberapa orang, mereka menyebut Pantai Buyutan memang pantai yang masih perawan alias belum di jamak banyak orang. Pantai Buyutan ini berdekatan dengan tempat wisata pantai Banyu Tibo yang sudah banyak dikenal orang.

Destinasi Wisata Pantai Kunir Pacitan

Objek wisata Pantai Kunir berada di desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Akses menuju pantai ini memang tidak gampang. Namun, di tengah sulitnya perjalanan menuju pantai Kunir,  kita akan mendapatkan sajian yang sangat sebanding Pantai Kunir memiliki pasir putih dengan ombak yang sedang.

Pantai Kunir di Pacitan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika kita sedang berada di kota Pacitan tidak mengunjungi objek wisata Pantai Kunir di Pacitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut untuk mengisi kegiatan liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan wisata Pantai Kunir di Pacitan ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Pantai Kunir di Pacitan.

Pantai Kunir juga memiliki pasir putih dan air laut yang sangat bersih. Salah satu keunikan yang ada di sekitar objek wisata pantai ini yaitu dengan adanya padang rumput yang cukup luas dan lapang. Jika kita lihat-lihat, luas tanah ini hampir seukuran lapangan sepakbola yang dapat kita jadikan sebagai tempat berkemah tuk menikmati pesona keindahan destinasi wisata Pacitan yang eksotis.

Detinasi wisata Pantai Tawang Pacitan

Objek wisata Pantai Tawang berlokasi di Desa Katipugal, Kecamatan Kebon Agung, Kabupaten Pacitan. Pantai ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar dua puluh kilometer dari jantung kota Pacitan. Pantai Tawang memiliki pasir yang berwarna cokelat nyaris kehitaman dan suasananya masih sangat sepi. Sehingga, Pantai Tawang menjadi pantai yang cocok untuk tempat mengasingkan diri dan mencari inspirasi.

Pantai Tawang merupakan tempat wisata Pacitan yang sedang tren dan menjadi salah satu destinasi wisata menarik di kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Tawang di Pacitan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Pantai Tawang memang tidak berpasir putih, dari kejauhan nampak pasir berwarna kecoklatan. Namun setelah kita menuju lokasi pantai, pasirnya berwarna kehitaman. Bagi sahabat Direktori Wisata yang suka dengan dunia petualang dan ingin menghilangkan pusing akibat aktivitas sehari-hari, pantai ini cocok bagi kita yang sedang mencari tempat menenangkan jiawa karena suasana yang sepi.

Destinasi Wisata Pantai Teleng Ria Pacitan

Objek wisata pantai Teleng Ria ini diapit oleh pegunungan Limo. Tatkala kita  berada di pantai tersebut, kita akan dapat menyaksikan tebing-tebing tinggi membentuk pola huruf U yang berdiri mengelilingi pantai, seolah melindungi pantai. Ini juga salah satu penyebab mengapa ombak di pantai Teleng Ria Pacitan tidak terlalu besar.

Sejumlah aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Pantai Teleng Ria Pacitan, di antaranya berenang, jalan-jalan menyusuri tepian pantai, berjemur, hingga sekedar menikmati panorama pantai. Sebagian pengunjung pantai tak jarang melakukan olahraga di pantai ini, mulai dari jogging, bermain voli pantai, sepakbola, dan bersepeda.

Pantai Teleng Ria Terletak di Jl. WR Supratman, Pantai Teleng Ria merupakan pantai yang paling dekat jaraknya dari pusat kota Pacitan di antara pantai lainnya yang ada di Pacitan. Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit untuk dapat tiba di pantai Teleng Ria ini.

Destinasi Wisata Pantai Pidakan Pacitan

Objek wisata Pantai Pidakan Pacitan ber lokasi di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan dari Kota Pacitan kurang lebih 50 KM menuju desa Jetak. Pantai ini merupakan Wisata Pantai yang bisa dikatakan sebagai pantai yang masih natural di Pacitan, karena memang belum adanya campur tangan manusia didalamnya, alias belum ada pengelolaan pantai yang modern, pun demikian dengan pemandangannya pun masih alami.

Selain itu, Sekilas panorama dari pantai ini yang pertama adanya pohon – pohon kelapa banyak tumbuh di pantai pidakan dengan lokasi yang rata dan cukup lapang. Untuk pecinta fotografi lokasi Pantai pidakan ini ideal banget banyak pohon-pohon kelapa dan bebatuan bertebaran di seketar pantai.Pantai dengan pemandangan panorama khas bebatuan, pasir putih, dan angin semilir ini mempunyai keindahan pesona alam dengan bentangan pantai yang luas membuat pemandangan saat sore hari akan menampilkan suasana romantis di objek wisata Pacitan yang satu ini. Pemandangan saat matahari tenggelam akan menjadi momen terindah untuk kita nikmati di lokasi pantai ini.

Destinasi Wisata Pantai Karang Bolong Pacitan

Objek wisata Pantai Karang Bolong terletak di desa Sendang kecamatan Donorojo. Sekitar 35 km arah Barat kota Pacitan. Sebuah kota yang berada di ujung Barat paling Selatan provinsi Jawa Timur. Kawasan ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Pantai Karang Bolong terlihat eksotis, yang merupakan salah satu tempat wisata pantai yang ada di Pacitan, selain Pantai Klayar. Letaknya pun tidak jauh dari Pantai Klayar. Kita bisa menikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Tak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali. Dinamakan Karang Bolong karena dari sebuah tebing terdapat ditengahnya berlubang.

Spot Tebing yang ada di Pantai Karang Bolong merupakan salah satu tempat favorit untuk lokasi hunting Photo disaat Sunrise maupun Sunset. Karena tebing disini letaknya ditengah laut dan menjorok ke arah selatan. Dengan suasana landscape yang sangat indah, ini adalah salah-satu kelebihan yang di miliki Pantai Karang bolong yang tidak dimiliki Pantai lain di Pacitan.

Destiasi wisata Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan merupakan sebuah wisata susur sungai dengan panorama alam yang sangat alami. Air sungai ini sangat jernih dan banyak ditumbuhi pohon kelapa di sisi sungai. Kedalaman Sungai mencapai 20 meter, untuk bagian yang paling dalam. Karena kejernihan airnya, tidak sedikit warga setempat yang memanfaatkannya sebagai kebutuhan sehari hari.

Aktivitas seru yang umum dilakukan oleh di objek wisata Pacitan Sungai Maron ini anatara alainwisatawan yang berkunjung ke sungai biasanya melakukan kegiatan susur sungai dengan menyewa sebuah perahu yang disediakan oleh warga. Ketika menyewa sebuah perahu, wisatawan akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai. Perahu kecil yang digunakan untuk kegiatan wisata petualangan sungai Maron tersebut cukup untuk menampung hingga 6 orang.

Destinasi wisata alam Goa Song Terus Pacitan

Selain pantai, wisata Kota Pacitan juga menawarkan keindahan gua-gua yang bisa dijelajahi saat mengunjungi kota ini. Goa Song menjadi salah satu tempat wisata di Pacitan selain pantai yang menyuguhkan keindahan gua bernilai sejarah yang ada di Desa Mendolo Lor, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan.

Wisata Geopark Goa Song Terus Pacitan

Di dalam Goa Song  yang ditemukan pada tahun 1999 ini terdapat fosil manusia purba yang konon berusia sepuluh ribu tahun. Fosil manusia purba yang diprediksi adalah sosok pria berusia empat puluh tahun dinamai Mbah Sayem. Fosil Mbah Sayem ini ditemukan tengah menggenggam alat kerja berupa kapak batu. Di dalam gua ini juga ditemukan beberapa artifak bersejarah seperti alat-alat serpih dari batu.

Wisata Geopark Goa Gong Pacitan

Objek wisata Goa Gong Pacitan memiliki kedalaman goa sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Goa ini muncul sebagai akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Saat kita mengunjungi Goa Gong Pacitan, kita akan diajak menyusuri anak tangga dan menyaksikan berbagai pemandangan gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil yang terdapat di beberapa titik spot di dalam goa yang terlihat indah.

Destinasi wisata Pacitan tersebut di atas merupakan bagian kecil dari banyaknya tempat wisata Pacitan yang sempat tren dan banyak diminati oleh para pelancong sebagai destinasi liburan yang menyenangkan. Semoga bisa membantu memerikan refrensi perjalanan liburan sahabat semua. Happy traveling dan selamat menikmati liburan di Kabupaten Pacitan. (bs/wan)

Comment

News Feed