by

Dapur Suroboyo, Menu Populer Kuliner Kaki Lima Ala Santika Jemursari

Surabaya – Menu-menu tradisional Nusantara menjadi ciri khas yang melekat pada sajian di restoran Hotel Santika Jemursari Surabaya. Kali ini hotel yang berlokasi di kawasan Surabaya Selatan ini menyuguhkan aneka makanan bertema Dapur Suroboyo.

Menurut Fadly Syahputra, Executive Chef Hotel Santika Jemursari, Dapur Suroboyo merupakan serangkaian menu Nasi Sambal yang kerap dijumpai di warung-warung kuliner kaki lima.

“Hadirnya menu Dapur Suroboyo ini terinspirasi dari pedagang nasi sambal pinggir jalan di Surabaya yang selalu ramai pembeli. Rasanya enak dengan harga terjangkau membuat pembeli berbondong-bondong antre meskipun tempatnya kurang nyaman,” jelasnya.

Menu Nasi Sambal khas Surabaya ini sekaligus untuk menjawab rasa penasaran tamu hotel pada menu makanan angkringan yang terdiri atas nasi dan beragam lauk serta sambal Madura sebagai pelengkap menu tersebut.

Sego iwak pedha

Ada tiga macam Nasi Sambal yang ditawarkan dalam menu Dapur Suroboyo, yakni Sego Cumi, Sego Babat, dan Sego Iwak Pedha.

Dikatakan Chef Fadly, ketiga menu tersebut dibuat se-otentik mungkin dengan menu Nasi Sambal yang dijajakkan di pinggir jalan. Masing-masing menu memiliki keunikan tersendiri, misalnya Sego Cumi yang dihidangkan dengan cumi tumis tinta hitam dengan sejumput mie goreng.

Sego babat dengan irisan babat goreng bumbu dan lalapan segar. Sedangkan Sego iwak pedha yang unik yakni dalam bentuk tumpeng mini yang disandingkan dengan tumisan ikan pedha dan petai dihidangkan dalam satu porsi.

“Dengan harga Rp 65.000 nett pengunjung dapat menikmati satu porsi hidangan menu Dapur Suroboyo yang masing-masing dilengkapi tahu-tempe goreng, terong bakar, sambal korek dan lalapan,” tukasnya.

Ketiga menu kuliner khas Surabaya tersebut dapat dinikmati mulai bulan Juli ini hingga bulan September mendatang di Restaurant Sekarwangi Hotel Santika Jemursari Surabaya. (rur)

Comment

News Feed