by

Berburu Kuliner Nasi Bebek Goreng di Surabaya

Surabaya – Selain rujak cingur, lontong kupang dan tahu tek, Surabaya memiliki makanan khas yang tak kalah lezat. Anda bisa berburu bebek goreng dengan aneka cita rasa yang berbeda. Makanan satu ini memang sering ditemui di berbagai kota di Indonesia.

Namun Surabaya punya cerita sendiri dari sepiring bebek goreng. Berikut ada empat bebek goreng yang terkenal dari Kota Surabaya, seperti dikutip dari Kompas Travel:

1. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay berasal dari kota Bangkalan, Madura. Namun kini Bebek Sinjay tersebar di beberapa titik di Kota Surabaya.

Sebelum tersebar luas di Surabaya, wisatawan rela menyeberang ke Madura untuk mencicipi Bebek Sinjay. Bebek Sinjay dihidangkan dengan sambal yang unik hasil racikan masyarakat Jawa Timur yaitu sambel pencit.

Sambel pencit terdiri dari mangga muda yang diparut dan sambal uleg (cabai merah dan terasi) yang pedas. Sambal ini pun menambah kemeriahan rasa bebek goreng yang empuk, dengan cita rasa yang sedikit asam dan menyegarkan.

Tekstur mangga muda yang renyah dan sambal yang pedas serta ditambah gurihnya bebek goreng, membuat Bebek Sinjay menjadi salah satu kuliher yang paling dicari di Surabaya.

2. Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan adalah sebutan yang akrab di telinga arek-arek Suroboyo. Kedai Bebek Tugu Pahlawan berada tepat di depan pintu masuk Monumen Tugu Pahwalan. Nasi bebek ala Madura ini dihidangkan dengan bumbu kuning atau bumbu dari parutan kelapa yang digoreng tanpa minyak hingga harum

Bersama dengan nasi hangat, Nasi Bebek Tugu Pahlawan ini didampingi dengan bebek yang super empuk dan lalapan yang segar. Serundeng yang disajikan juga menambah sedap rasa nasi bebek karena terdapat rasa gurih dan aroma wangi dari kelapa parut.

Nasi Bebek Tugu Pahlawan menyediakan daging bebek bagian paha, dada, dan protolan (bagian daging yang lepas saat proses dimasak).

Nasi Bebek Tugu Pahlawan tidak buka cabang, alamatnya di Jl. Tembaan No. 17 (Depan BCA Pahlawan) atau lebih mudahnya langsung berhenti di Monumen Tugu Pahlawan. Buka dari pukul 18.00 sampai bebek habis. Harga sepiring nasi bebek dan minuman es jeruk Rp 30.000.

3. Bebek Palupi

Bebek Palupi yang melegenda ini terdapat di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10, Surabaya. Bebek Palupi sudah berdiri sejak tahun 1996.

Bebek yang satu ini memiliki sensasi renyah yang patut diacungi jempol. Kulit dari Bebek Palupi sengaja dibuat garing dan daging bebek memiliki tekstur yang sangat empuk

Kenikmatan rasa dari Bebek Palupi tidak lepas dari proses memasak yang lama. Butuh waktu empat jam merebus bebek hingga mendapatkan tekstur empuk yang diinginkan dan dilanjutkan dengan cara menggoreng yang tidak sembarangan.

Sambal yang digunakan ialah sambal goreng dan bumbu dari rempah-rempah pilihan yang berminyak, gurih, dan cenderung asin. Bebek Palupi ini juga menyediakan ayam goreng yang juga sayang jika dilewatkan.

Bebek Palupi memiliki beberapa cabang, yaitu Jalan Raya Rungkut Asri Tengah No. 10 Surabaya, Jalan Baratajaya Gg. 10, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, dan cabang ketiga yaitu di Jalan Raya Rungkut Madya No. 77, Rungkut Kidul, Rungkut, Surabaya. Buka dari jam 9.00 sampai 21.00. Harga bebek dan ayam goreng beserta nasi adalah Rp 20.000 hingga Rp 35.000.

4. Bebek Mbak Roh

Bebek Mbak Roh cukup terkenal di Surabaya. Bebek Mbak Roh diolah oleh orang Madura asli yang akrab dipanggil Mbak Roh. Awalnya bebek ini hanya diketahui oleh penduduk kompleks sekolah SMA Santa Maria Surabaya, karena letaknya yang tepat di belakang sekolah tersebut yaitu di Jalan Tumapel kota Surabaya.

Karena kenikmatan yang dihadirkan sungguh menggoyang lidah, Nasi Bebek Mbak Roh banyak dikenal masyarakat dari penjuru kota Surabaya. Walau sebuah warung tenda kecil, kelezatan dari Nasi Bebek Mbak Roh tidak usah diragukan.

Hal paling digemari oleh pembelinya adalah bumbu hitam yang memiliki rasa gurih yang bikin ketagihan dan sambel goreng yang sudah diracik sebelumnya. Bebek Mbak Roh ini sangat empuk. Penikmatnya tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengunyah dan mengurai daging bebek.

Bebek Mbak Roh terletak di Jalan Tumapel No.10-A, Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya. Buka sekitar pukul 10.00 sampai bebek habis. Harga sepiring nasi bebek Rp 30.000.(kc)

Comment

News Feed