by

Ada Festival Internasional di Pulau Banyak

-berita-131 views

 

Banda Aceh, yukpigi.com – Pulau Banyak di Aceh Singkil punya beragam spot menarik untuk dikunjungi. Promosi lewat event bertaraf internasional digelar untuk menarik kunjungan turis.

Salah satunya, Pulau Banyak International Festival 2019 digelar di Pulau Banyak sejak 23-27 Juli besok. Wisatawan yang melancong ke Aceh tidak salahnya menyeberang ke pulau ini untuk menikmati ragam keindahan.

Untuk berwisata ke Pulau Banyak, wisatawan dari Banda Aceh dapat menuju ke Aceh Singkil via jalur darat dengan waktu tempuh sekitar 15 jam. Begitu tiba di ibu kota kabupaten, traveler kemudian naik kapal feri menyeberang ke Pulau Banyak dengan waktunya sekitar tiga atau empat jam.

Selama event digelar, banyak kegiatan disuguhkan, antara lain pagelaran seni budaya, festival kuliner, fun surfing, fun walk (jalan santai), lomba foto, camping pulau, fam trip, gathering genpi, pelatihan sumber daya desa wisata, pelatihan souvenir, pelatihan selam (diving), dan crossing ceremony.

Untuk mensukseskannya serta memperkuat branding Cahaya Aceh dan program Digital Tourism 4.0 yang dicetus oleh Kemenpar RI, sejumlah komunitas pariwisata berbasis digital dipertemukan dalam ajang Gathering Pesona Indonesia. Pertemuan ini berlangsung mulai 21-25 Juli 2019 di Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Kegiatan yang didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh serta Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) ini, akan mengisi kemasan yang menarik untuk mempromosikan pariwisata Singkil dan event Pulau Banyak International Festival 2019.

“Kegiatan ini juga bertujuan mendukung dan mempromosikan program strategis Kementerian Pariwisata dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh kepada masyarakat melalui media digital. Selain itu juga mengemas potensi pariwisata pulau banyak dengan strategi promosi yang efektif di era media digital ini,” kata ketua panitia, Teuku M Hijria dalam keteranganSenin (22/7/2019).

Menurut Hijria, Gathering Pesona Indonesia kedua digelar dengan melibatkan masyarakat, milenial, influencer, blogger, vlogger dan komunitas pariwisata di Aceh dan Aceh Singkil.

“Kegitan ini akan menjadi pelaksanaan kedua kalinya setelah sukses kita selenggarakan Gathering Pesona Indonesia di Aceh Tengah dan Bener Meriah tahun lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Disbudpar Aceh Singkil, Surkani menjelaskan, Gathering Pesona Indonesia merupakan satu dari 12 jenis kegiatan yang digelar kegiatan untuk menyukseskan rangkaian event Pulau Banyak International Festival 2019.

“Dengan adanya kegiatan Gathering Pesona Indonesia, saya mengharapkan milenial yang tergabung dalam GenPI Aceh mampu memviralkan event Pulau Banyak International Festival 2019 ini, dan dapat mempromosikan pariwisata Aceh Singkil sehingga dapat memacu peningkatan destinasi pariwisata di Kabupaten Aceh Singkil,” imbuh Surkani.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin berharap, event wisata Pulau Banyak International Festival 2019 akan menjadi salah satu event tetap Aceh yang tidak hanya menyuguhkan, hiburan, keunikan dan pesona budaya daerah, tapi juga pesona baharinya. Hal ini diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.(wan/dtk)

Comment

News Feed