by

4 Kuliner Legendaris di Sepanjang Jalur Pantura

Jakarta – Mudik melintasi jalur pantura atau pantai utara–yang membentang dari Anyer sampai Panarukan–terasa kurang lengkap bila tak diselingi mampir berwisata kuliner.

Kota-kota yang dilewati sepanjang Banten sampai Jawa Timur memiliki kekayaan beragam makanan dengan citarasa khasnya. Di sela perjalanan, Anda bisa singgah sejenak di sejumlah kota ini untuk berwisata kuliner. Berikut ini kuliner yang bisa Anda cicipi di beberapa kota di jalur pantura tersebut, seperti dilansir dari laman Travel Tempo:

1. Empal kuah asem di Cirebon

Selain empal gentong, Cirebon punya kuliner empal kuah asem yang tak kalah populer. Varian empal ini menjadi alternatif bagi orang yang tak doyan santan. Sebab, kuahnya bening mirip sayur sop. Hanya bagian kuah inilah yang membedakan empal kuah asem dan empal gentong.

Empal kuah asem biasa disantap untuk berbuka puasa sekaligus pelepas penat setelah menempuh perjalanan mudik yang cukup jauh. Anda bisa singgah ke salah satu warung empal asem yang terkenal. Warung itu milik Haji Apud. Lokasinya berada di Jalan Tuparev nomor 42, Cirebon, Jawa Barat. Warung Haji Apud telah menjajakan empal sejak 1994.

2. Sate Blengong di Alun-alun Brebes

Setelah melalui Jawa Barat, Anda akan melewati Brebes. Ada banyak kuliner menarik yang bisa dicoba di kota ini. Misalnya telur asin. Namun, yang tak boleh kelewatan adalah sate blengong.

Sate blengong bisa ditemui di sekitar Alun-alun Kota Brebes. Sate ini khas lantaran terbuat dari perpaduan daging bebek dan mentok. Sekilas memang sate blengong tampak seperti sate pada umumnya. Namun ukurannya lebih besar dan tusukannya pun lebih panjang.

Sate akan disajikan menggunakan sambal kecap. Penyajiannya bisa menggunakan nasi atau lontong, tergantung selera pembeli.

3. Soto Kudus

Soto Kudus bisa Anda jumpai di sepanjang Kota Kudus, Jawa Tengah. Soto ini merupakan salah satu soto yang terkenal di Nusantara. Hal yang khas dari soto Kudus adalah penyajiannya yang memakai mangkuk kecil. Kuahnya bening dan umumnya dagingnya adalah daging ayam kampung.

Namun, ada satu warung soto di Kudus yang unik. Dagingnya terbuat dari daging kerbau. Warung penjualnya bernama Soto Kudus Pak Ramidjan. Soto ini beralamat di Jalan Kudus, Jepara, Kudus, Jawa Tengah.

Biasanya warung ini ramai saat Ramadan. Para pemudik biasa mengunjungi warung ini pada Lebaran.

4. Soto Lamongan di Lamongan

Soto Lamongan sudah melegenda di berbagai kota di Nusantara. Namun, bila berkesempatan mengunjungi Lamongan, menyantap soto asli itu asli di kotanya tak boleh dilewatkan.

Soto Lamongan memiliki kuah yang kental dengan rempah-rempah yang kaya. Sedangkan citarasanya gurih. Ada karakter khas yang melekat pada kuah soto Lamongan, yakni kental seperti santan dan berwarna kuning.

Soto Lamongan bisa ditemui di sepanjang kota Lamongan. Anda disarankan mampir sebentar untuk menyeruput kuat yang hangat. Niscaya, badan yang pegal-pegal akan hilang seketika.

Comment

News Feed