by

Ragam Durian di Indonesia yang Menggoda Selera

Durian bawor

Surabaya – Musim durian telah tiba. Berbagai jenis durian dapat ditemukan dengan mudah di sejumlah tempat di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Jika sebelumnya, durian hanya dijajakan di kios buah-kios buah. Saat panen durian, sejumlah pedagang membuka lapak durian di pinggir-pinggir jalan. Wanginya yang harum membuat banyak antusias untuk membelinya.

Durian memiliki banyak jenis yang bisa Anda temukan di pasaran. Indonesia disebut memiliki ragam durian paling banyak. Berikut di antara beberapa jenis durian yang bisa Anda temukan, seperti dilansir dari Liputan6

1. Durian Ajimah

Durian ini berasal dari Ciomas, Bogor, Jawa Barat, yang memiliki ciri khas berduri besar dan jarang. Kulitnya tipis berwarna hijau agak abu-abu dengan daging kuning muda agak kering dan tekstur berserat.

Durian ini juga dikenal dengan nama Durian Bung Karno atau Durian Sukarno. Durian tersebut karena sangat digemari oleh presiden pertama Indonesia.

2. Durian Matahari

Durian yang berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat ini merupakan buah durian yang memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau kecoklatan dengan ketebalan sekitar 0,5-1 cm. Durinya besar-besar, runcing, jarang dan sedikit bengkok. Buahnya tebal, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus dan aromanya cukup tajam.

3. Durian Petruk

Durian yang memiliki nama latin Durio Zybethinus Kultivar Petruk juga memiliki aroma yang tajam. Buah durian asli Jepara, Jawa Tengah, ini merupakan salah satu durian bibit unggul yang banyak digemari para petani durian. Daging buahnya tak lembek, tapi tebal, bijinya kecil.

4. Durian Bawor

Banyumas adalah sentra bibit durian unggul yang kesohor. Ada satu jenis yang begitu identik dengan desa ini, durian Bawor Banyumas. “Kata orang lebih enak dari durian Montong karena ada sedikit pahitnya,” ucap Hadik, seorang petani durian turun-temurun di Alasmalang, Sabtu, 16 Desember 2018.

5. Durian Bubur

Bentuknya bulat memanjang dengan duri runcing dan berwarna kehijauan. Durian jenis ini banyak ditemukan di Brongkol, Semarang, Jawa Tengah. Selain manis, jenis durian ini memiliki isi besar, tebal, dan padat.

6. Durian Lay

Durian Lay merupakan jenis durian endemik pulau Kalimantan, terutama di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Selain itu, pohon ini juga tumbuh baik di pulau Sumatera meliputi Riau, Palembang, dan Jambi.

7. Durian Mimang

Durian ini memiliki ketebalan sekitar 2-3 centimeter dari bijinya. Durian Mimang yang sangat manis dan legit ini pernah menyabet juara 2 di kontes durian se-Asia Tenggara. Durian Mimang adalah buah yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian ini memiliki ciri khas kulitnya yang terkesan kempes.

Comment

News Feed