by

Kelan Sembilang, Kuliner Khas Pesisir Utara Gresik

Gresik – Mungkin banyak yang sudah mengenal ikan sembilang, salah satu jenis ikan laut yang memiliki bentuk menyerupai ikan lele atau sidat. Ikan sembilang juga memiliki patil yang menyengat dan berkulit hitam serta licin.

Namun jangan keburu berprasangka buruk dulu, lantaran bila diolah dengan tepat plus digabung rempah-rempah pilihan, ikan sembilang bisa menjadi masakan yang cukup ampuh dalam menaklukkan lidah.

Tidak percaya? Bisa dibuktikan sendiri bila anda sedang berkunjung ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Khususnya di wilayah pesisir Gresik bagian utara, di sepanjang jalur daendels akan banyak ditemui warung makan dan juga restoran yang menyajikan masakan utama berupa olahan ikan sembilang.

Warga Gresik biasa menyebut olahan tersebut dengan sebutan kelo kuning atau kelan sembilang.

Sepintas memang terlihat tidak jauh berbeda dengan asam-asam atau gulai. Namun dari nama, masakan ini jelas mengutamakan ikan sembilang sebagai bahan atau lauknya.

Salah satu warung kelan sembilang yang terkenal di Gresik dan biasa menjadi rujukan adalah, milik Kasan.

Di warung sembilang Pak Kasan, yang berada di wilayah Mengare, Kecamatan Manyar, atau sekitar 10 kilometer arah pusat kota Gresik, memang hanya menyediakan kelan sembilang sebagai menu yang ditawarkan kepada pengunjung.

Walau hanya menyediakan kelan sembilang sebagai menu, namun setiap hari terkecuali Jumat (tutup), warung sembilang Pak Kasan selalu ramai dikunjungi orang. Bahkan, tak jarang dari mereka harus balik pulang dengan tangan hampa lantaran kehabisan.

Selain rasa khas kelan sembilang, nuansa alam yang ditawarkan di warung sembilang Pak Kasan juga semakin membuat pengunjung merasa betah. Mereka juga mengaku, ingin kembali mencicipi kelan sembilang di warung tersebut.

Warung sembilang Pak Kasan sendiri memang tidak berada di pinggir jalan raya yang ada di jalur daendels. Namun masuk sekitar 3 kilometer dari gapura Desa Karangrejo, Kecamatan Manyar, Gresik.

Meski demikian, bagi anda yang baru pertama dan ingin mencoba berkunjung, jangan khawatir. Sebab warga yang ada di sekitar Manyar dan juga Bungah, sudah banyak yang mengetahui keberadaan warung tersebut bila anda bertanya.

Untuk bisa menikmati kelan sembilang di warung Pak Kasan, pengunjung hanya dipatok seharga Rp 20.000 untuk satu porsi

Sementara harga yang berbeda diberlakukan untuk kepala sembilang, dengan satu porsinya dihargai antara Rp 25.000 hingga Rp 45.000 tergantung besar dan kecilnya ukuran kepala ikan.

Menurut pengakuan pemilik warung, berbagai kalangan sudah sempat mampir dan mencicipi kelan sembilang di warungnya. Mulai dari pejabat daerah, pegawai negeri sipil, orang biasa, bahkan beberapa turis mancanegara yang sedang berkunjung dan singgah di Gresik.(kc)

Comment

News Feed